Enam Event Akbar dan Ratusan Acara Wisata Disiapkan Pemprov Jateng

Pariwisata  RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 15:00:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Enam Event Akbar dan Ratusan Acara Wisata Disiapkan Pemprov Jateng
RMOLJateng. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengagendakan sedikitnya 250 agenda di sepanjang tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, Sinoeng N Rachmadi mengatakan, dari jumlah acara tersebut telah mempersiapkan 10 terutama.

Kata dia, 6 dari 10 agenda utama tersebut berhasil masuk dalam Top 100 National Calendar of Events 2020 Kementerian Pariwisata.

"Diantaranya Dieng Culture Festival (DCF), Festival Cheng Ho, Festival Kota Lama, Festival Payung Indonesia, Solo International Performing Arts (SIPA), dan Borobudur Marathon. Masing-masing even memiliki keunikan dan merupakan bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat," kata Sinoeng, Rabu (27/11).

Menurutnya, even-even tersebut telah memenuhi beberapa kriteria yakni Creative/Cultural Value, Commercial/ Communication media Value, dan CEO Commitment/ Consistency.

"Kami telah diselenggarakan secara kontinyu selama 3 hingga 4 tahun berturut-turut. Kami mempunyai target dan realisasi kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara yang meningkat setiap tahunnya," tambah dia.

Selain menyiapkan beberapa agenda wisata utama, Sinoeng tetap ingin merealisasikan adanya 500 desa wisata di Jawa Tengah.

Menurutnya target ini dapat berhasil apabila birokrasi dan masyarakat dapat saling bekerjasama secara baik.

"Tak hanya itu, kami juga akan melibatkan akademisi untuk mendukung program tersebut melalui KKN Tematik. Dengan demikian, saya optimis target 500 desa wisata dapat terpenuhi," pungkas dia. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00