Lulus Hari Ini, Taruna Polimarin Ini Mengaku Sudah Ditawari Kerja Sejak Semester Lima

Pendidikan  SABTU, 23 NOVEMBER 2019 , 10:44:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Lulus Hari Ini, Taruna Polimarin Ini Mengaku Sudah Ditawari Kerja Sejak Semester Lima
RMOLJateng. Tawa bahagia menyelimuti, M. Hanif Nur Huda dan keluarganya. Taruna Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang ini telah dinyatakan lulus dan siap menerapkan semua ilmunya dalam dunia kerja.

Tidak tanggung-tanggung, Hanif langsung menentukan pilihan untuk bekerja di salah satu perusahaan bongkar muat di Cilacap.

Bukan tanpa alasan, dirinya memilih pekerjaan tersebut lantaran telah ditawari sejak menempuh program magang di perusahaan itu selama enam bulan.

"Saat itu saya praktek di sana. Kemudian saya ditawari kerja karena ada posisi kosong. Maka jadi keputusan saya setelah lulus ini saya akan langsung melamar kerja di sana," kata dia, usai upacara pelepasan taruna Polimarin, Sabtu (23/11).

Hanif menjelaskan, dirinya memang selalu berusaha menunjukkan yang terbaik saat magang. Menurutnya, bekal ilmu dan kebiasaan disiplin tinggi yang diajarkan oleh Polimarin memberikannya kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Dulu saat awal masuk, kami dikarantina dan dilatih dengan disiplin ketat. Dan itu terbawa sampai sekarang, saat saya magang dulu juga seperti itu. Mungkin dari situlah saya ditawari pekerjaan," tambahnya.

Sementara itu Direktur Polimarin, Sri Tutie Rahayu, mengatakan pihaknya memang ingin mencetak sumber daya unggulan terkait dunia maritim di Indonesia.

Menurutnya, masa sekarang ini kualitas dan karakter merupakan dasar utama yang harus dimiliki oleh setiap taruna di Polimarin. Dia menilai, lulusan Polimarin dapat bekerja dengan baik di ranah maritim.

"Bukan hanya nasional, kami ingin bersaing juga secara internasional. Makanya kualitas dan karakter itulah yang terus kami gembleng kepada taruna," paparnya.

Tak tanggung-tanggung, Tutie mengaku pihaknya juga telah menggelar kerjasama dengan beberapa institusi internasional seperti di Jerman dan Cambridge. Ke depan dia menyasar Cina sebagai mitra kerja yang potensial bagi Polimarin.

"Pengembangan kualitas pendidikan maritim menjadi hal pokok di negara maritim ini. Sehingga kami siap lakukan apapun, salah satunya adalah kami akan kirimkan (taruna) yang terbaik untuk study internasional," terang dia.

Polimarin Semarang telah melepas 105 taruna dalam wisuda ke-5. Taruna Anidatul Khusniah, BimaNurdiansyah, dan Shidiq Syaifudin menjadi wisudawan dengan predikat Cum Laude. Sementara tiga taruna terbaik Polimarin adalah Jufani Sabrina, Novita Wardatus, dan Riki Heryanto. [jie]





Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00