Dalang Diva Meriahkan Pentas Hari Wayang Desa Ngabeyan

Daerah  KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Dalang Diva Meriahkan Pentas Hari Wayang Desa Ngabeyan
RMOLJateng. Diva Setiandra Rara Rahmadani (13), salah satu dalang cilik perempuan yang tampil dalam parade dalang cilik yang digelar oleh Yayasan Sang Pamarta Indonesia, desa Ngabeyan, Kartasura, Sukoharjo.

Tak kalah dengan aksi dalang anak lelaki lainnya, Diva yang membawakan lakon 'Anoman Duta' mampu memukau pecinta wayang yang hadir dalam perhelatan Hari Wayang Nasional, Kamis, (21/11) malam.

Sejumlah dalang cilik lainnya yang beraksi seperti Galang, El Brata, Satria, Justine, Galen, Zidane, Raka, Hafidz, Bagas, dan Hanung.

Puncak acaranya adalah pertunjukan sinewayang, yakni pertunjukan live wayang kulit kolaborasi enam dalang, lakon Gatotkaca Lahir atau Jejabang Jinago Dewo, dengan efek multimedia, lighting dan efek suara,” kata Ketua Panitia Wahyu Dunung Raharjo.

Enam dalang yang berkolaborasi yakni Satria, Justine, Hening, Slamet Wardono, Lulud Sujarnako dan Rudi Hartono.

Dia menjelaskan, format sinema wayang tersebut merupakan gambar bergerak multimedia yang dikolaborasikan dengan wayang yang membentuk siluet pada layar lebar.

Misalnya ketika Gatotkaca masuk ke dalam kawah apinya kita pakai gambar kawah nyata, dan ada gambar keraton, gambar hutan, dan yang spesial dilakukan oleh enam dalang,” tandasnya.

Pria yang pernah dinobatkan sebagai dalang muda terbaik tahun 2011 tersebut juga menyampaikan, pergelaran yang mendapat dukungan dari Kemendikbud RI ini sengaja dilakukan di tengah masyarakat desa yang awam dengan seni.

Tujuannya untuk memberi ruang pelaku seni khususnya yang anak anak dan pemula agar berani unjuk gigi ditengah masyarakat. sekaligus kami sosialisasikan wayang ditengah masyarakat agar lebih paham dan mencintai wayang,” tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00