PK Dikabulkan MA, PT KAI Berhasil Rebut Asset Di Semarang

Hukrim  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 , 12:07:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

PK Dikabulkan MA, PT KAI Berhasil Rebut Asset Di Semarang
RMOLJateng.  Setelah Mahkamah Agung mengabulkan upaya Peninjuan Kembali (PK) atas asset lahan di  Jl. Tawangsari Kota Semarang yang dikuasai pihak yang tidak berhak, melalui Juru Sita Pengadilan Negeri Semarang PT KAI berhasil mengeksekusi lahan tersebut, Kamis (14/11/2019).

Kuasa Hukum PT. KAI Daop IV Semarang, Jesse Heber Ambuwaru, S.H., M.H mengatakan, eksekusi terpaksa dilakukan karena para tereksekusi tetap melakukan perlawanan dengan tetap menguasai lahan tersebut meski sudah ada perintah dari MA kepada para tereksekusi untuk mengosongkan lahan tersebut secara sukarela.

"Terlebih lagi Ketua Pengadilan Negeri Semarang juga terlah menegur para tereksekusi untuk melaksanakan Putusan MA secara sukarela, tetapi tidak dihiraukan,  maka eksekusi terpaksa kita lakukan melalui juru Sita Pengadilan Negeri Semarang," tandas Jesse disela-sela eksekusi.

Lebih lanjut Jesse menegaskan, eksekusi tersebut sebagai bentuk upaya penyelamatan aset-aset milik Negara yang dikuasai oleh yang tidak berhak guna meminimalisir potensi kerugian Negara.

"Kami sebagai Kuasa Hukum juga sangat berterimakasih kepada pihak-pihak telah berkomitmen untuk membantu kami di dalam melakukan eksekusi pengosongan ini, khususnya kepada pihak Pengadilan Negeri Semarang, Polrestabes Semarang yang sangat berperan penting, sehingga pelaksanaan eksekusi pengosongan ini dapat berjalan dengan lancer," pungkasnya.

Pantauan RMOLJateng, sebelum eksekusi dilakukan secara resmi, nampak beberapa petugas mengeluarkan barang-barang milik tersekekusi dan sempat ada permintaan para tereksekusi untuk ditunda dengan dalih masih melakukan upaya hukum. Namun karena Keputusan Mahkamah Agung bersifat final, maka ekseskusi tetap dilakukan.  [jie]

 



Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00