Kelabui Petugas, Rokok Ilegal Diangkut Dengan Mobil Pribadi

Hukrim  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 , 09:22:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Kelabui Petugas, Rokok Ilegal Diangkut Dengan Mobil Pribadi
RMOLJateng. Modus pelaku kasus pelanggaran rokok tanpa dilekati pita cukai kian beragam. Untuk mengelabui petugas, mereka menggunakan mobil pribadi agar rokok bodong tersebut bisa didistribusikan ke tempat tujuan.

Namun upaya itu masih bisa diendus jajaran KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus. Petugas berhasil mengamankan 88 ribu batang rokok siap edar tanpa dilengkapi pita cukai.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus Dwi Prasetyo Rini mengatakan pengungkapan kasus ini berkat informasi dari masyarakat.

Informasi itu berupa adanya distribusi rokok bodong dengan menggunakan mobil pribadi Honda Jazz warna silver abu-abu dari arah Jepara yang mengangkut rokok ilegal tujuan Kota Semarang.

Petugas bea cukai lantas melakukan penyisiran. Dan ternyata mobil dengan ciri-ciri tersebut ditemukan saat melintas di Jalan Raya Lingkar Demak. Petugas langsung melakukan pemeriksaan terhadap mobil tersebut.

"Hasilnya kita menemukan rokok siap edar tanpa dilekati pita cukai di dalam mobil itu," kata Dwi Prasetyo Rini, Kamis (14/11/2019).

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa 88.000 batang rokok bodong yang ditaksir bernilai Rp60,9 juta. Potensi kerugian negara yang muncul akibat pelanggaran ini sekitar Rp41,5 juta.

Selain mengamankan rokok bodong dan sarana pengangkut, petugas juga menggelandang dua pelaku yakni GRM (55) dan SK (52) ke Kantor Bea Cukai Kudus.

"Kasus ini masih kita kembangkan," tandasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Peringatan Hari AIDS Sedunia Di Semarang

Peringatan Hari AIDS Sedunia Di Semarang

MINGGU, 01 DESEMBER 2019 , 09:13:00

Pameran Lukisan Karya Para Difabel

Pameran Lukisan Karya Para Difabel

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 16:53:00

Murdoko, Mantan Ketua DPRD Jateng Daftar Bakal Calon Bupati Kendal