Manfaat G-Mail Terhadap Pemasaran Home Industri

Opini  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 19:43:00 WIB

Manfaat G-Mail Terhadap Pemasaran Home Industri
ZAMAN sekarang, perkembangan teknologi semakin maju dan berpengaruh di berbagai sektor. Teknologi yang semakin berkembang saat ini menjadikan seseorang dapat mengakses sesuatu dengan mudah.

Munculnya berbagai sosial media memudahkan manusia dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Teknologi yang semakin berkembang ini memberikan manfaat di berbagai sektor kehidupan. Salah satunya di sektor ekonomi.

Banyaknya saingan perdagangan, menyebabkan para produsen dan pedagang mencari cara untuk mengembangkan usaha produksi, seperti memanfaatkan perkembangan teknologi melalui social media.

Tetapi belum sepenuhnya masyarakat mengetahui dan memanfaatkan penggunaan social media dalam meningkatkan usaha produksinya.

Desa Bantir adalah salah satu desa yang terdiri dari beberapa pelaku usaha home industry. Salah satu produk home industry adalah Krupuk Bantir.

Menurut pendapat Laudon & Laudon (1998) E-Commerce merupakan suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.

Dengan memanfaatkan E-commerce melalui sosial media dapat membantu produsen dalam mengembangkan usaha produksinya.
 
Hasil riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengungkapkan ada lima alasan pedagang memilih berjualan secara online atau e-commerce.

Alasan tertinggi penjual memiliki waktu usaha yang lebih fleksibel yaitu sebanyak 63%. Selain itu,sebanyak 58,69% penjual mengatakan adanya kemudahan dalam menjalankan dan mengelola bisnis secara online.

Penjual mengatakan adanya kemudahan dalam menjalankan dan mengelola bisnis secara online. Selain itu, murahnya berjualan online dibandingkan membuka toko secara offline menjadi daya tarik ketiga yang membuat penjualan memilih berjualan online yaitu sebanyak 49,52%.

Penjual juga merasakan ketika berjualan dengan online,jangkauan pembeli menjadi lebih luas yaitu sebanyak 48,69%. Terakhir sebanyak 44% menyatakan berjualan online hanya memerlukan modal yang sedikit.
 
Mahasiswa KKN memberikan pelatihan cara membuat membuat email berbasis g-mail. Pelatihan surat elektronik atau gmail ini sebagai langkah awal mempunyai akun email khususnya bagi pelaku usaha dalam mengembangkan pemasaran produk home industry secara online.

Menurut Edri Pratomo Adhi, S.E sebagai pemateri workshop mengatakan berjualan online memudahkan para produsen dan penjual dalam memasarkan barang dagang dengan mudah tidak perlu repot menjual hasil produksi ke pasar.

Memasarkan produk juga harus dilihat desain dalam kemasan yang dapat menarik konsumen.
 
Manfaat setelah kegiatan workshop ini, peserta yang datang khususnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan G-Mail untuk mengakses ke berbagai sosial media sehingga nantinya dapat berjualan secara online seperti melalui Instagram, facebook atau social media lainnya.

Selain itu, warga jadi lebih tahu bagaimana memasarkan produk olahan rumah atau home industry sehingga lebih dikenal dan dapat menarik minat konsumen masyarakat luar. [***]
 
 
Dian Sulistiyorini  
Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Universitas Negeri Semarang


Komentar Pembaca
Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 17:52:00