Pelaku Usaha Mebel Jepara Desak Aturan SVLK Dihapus

Ekonomi  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 14:51:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Pelaku Usaha Mebel Jepara Desak Aturan SVLK Dihapus
RMOLJateng. Pelaku usaha yang tergabung dalam Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Kabupaten Jepara mendesak aturan terkait Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dihapus.

Alasannya, aturan terkait tata kelola niaga kayu tersebut tidak berdampak signifikan terhadap nilai ekspor produk mebel, furniture dan ukir-ukiran asal Jepara.

Hal ini disampaikan Ketua HIMKI Jepara, Maskur Zainuri saat kegiatan Temu Usaha Tata Niaga Kayu yang digelar di Sriya Cafe, Rabu (13/11) siang.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Pemkab Jepara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, hingga kini proses pengurusan legalitas kayu untuk industri permebelan di Jepara masih sulit dan mahal. Meski begitu, regulasi SVLK ini tidak memberi dampak signifikan terhadap nilai ekspor barang.

"SVLK ini salah satu syarat jika kita ingin ekspor. Tapi karena tidak ada manfaatnya maka lebih baik dihapus saja," kata Maskur Zainuri, Rabu (13/11/2019).

Sejauh ini, jumlah kebutuhan kayu untuk industri mebel di Jepara sekitar 2.500 meter kubik per bulan. Jumlah ini memang belum valid karena perhitungan didasarkan pada dokumen Perhitungan Ekspor Barang (PEB) dan Surat Keterangan Asal (SKA). Bukan pada kondisi faktual di lapangan.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH)  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Syafardi mengatakan hingga kini Jepara tercatat sebagai daerah yang ping banyak mengurus SVLK. Tahun ini terdaftar ada 32 perusahaan yang mengajukan permohonan SVLK.

Menurut Syafardi ada banyak manfaat di balik regulasi tentang SVLK. Salah satunya untuk menekan kasus pembalakan liar.

"Regulasi ini jangan diartikan sebagai sebuah masalah. Manfaatnya juga banyak," tandasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00