BNN-PPATK Bongkar Pencucian Uang Bandar Narkoba

Hukrim  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 09:47:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

BNN-PPATK Bongkar Pencucian Uang Bandar Narkoba

Asset rumah mewah yang disita/ist

RMOLJateng. Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan PPATK membongkar kasus pencucian uang dari bandar narkoba yang ditangkap. Sedikitnya dari lima tersangka dan sementara ini berhasil menyita asset para pelaku yang nilainya puluhan milyar.

Kelima tersangka itu adalahm Atika Kasim, Muhibut, Apriandam, Irwan S dan
Ferdy S.
Deputi Berantas Irjen Arman Depari dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, Atika Kasim adalah istri dari narapidana kasus Narkoba yang saat ini mendekam di LP Nusa Kambangan bernama Murtala Ilyas.
"Murtala Ilyas pada tahun 2017 telah dihukum 19 tahun penjara dan asset Rp 144 miliar disita untuk negara. Pada tahun 2018 Mahkamah Agung RI memutus Murtala bersalah namun hukuman dikurangi menjadi 8 tahun dan asset dikembalikan kepada Murtala," terang Arman, Rabu (13/11/2019).
Lebih lanjut Arman mengatakan, oleh Murtala sebagian hasil kejahatan narkoba tersebut disimpan dan dikelola oleh istrinya, Atika Kasim dan ponakannya Muhibut dengan memembuka rekening bank sebanyak 12 rekening yang digunakan untuk menampung uang hasil penjualan narkoba.
"Rekening-rekening tersebut juga dipakai untuk transaksi jual beli assset dalam upaya menghilangkan jejak (berupaya mencuci), membuat seolah-olah uang hasil penjualan narkoba tersebut adalah bersih, sah atau legal," tambah Arman.
Hingga saat ini lanjut Arman, dari hasil penyelidikan bersama PPATK, petugas mengamankan uang cash, rumah mewah, mobil mewah, SPBU, ruko, kebun, lahan/kavling dengan nilai sekira Rp 31 Milyar,
"BNN bersama dengan PPATK, OJK dan perbankan saat ini sedang  mengembangkan kasus pencucian uang tersebut terutama menyangkut keterlibatan oknum penegak hukum. Para penyidik BNN juga sedang menelusuri upaya Pencucian uang dalam kasus kejahatan judi online yang dicampur dengan  kejahatan Narkoba," pungkasnya. [jie]


Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00