Lahirkan Banyak Pahlawan, Purworejo Bisa Jadi Tujuan Wisata Sejarah

Nusantara  MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 15:44:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Lahirkan Banyak Pahlawan, Purworejo Bisa Jadi Tujuan Wisata Sejarah

Suasana Peringatan Hari Pahlawan di GOR WR Soepratman

RMOLJateng. Beberapa nama besar pahlawan di Indonesia berasal dari Kabupaten Purworejo. Sebut saja WR Soepratman sang pencipta lagu Indonesia Raya, Kasman Singadimedja salah satu tokoh perumus Pancasila, Jendral Ahmad Yani, Jendral Oerip Soemohardjo serta tokoh besar semacam Sarwo Edi Wibowo, Wilopo dan Tjitrowardojo (kakek BJ Habibie).

Banyaknya tokoh, pahlawan dan pejuang yang lahir dari kabupaten di pesisir selatan ini, membuat ketua alumni SMAN 1 Purowrejo Muda Ganesha, Wahyu Dwi Atmadji mulai menyosialisasikan branding Purworejo Kota Pejuang.

Dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2019, Muda Ganesha mengadakan acara di GOR WR Soepratman dengan berbagai macam seni dan orasi kebangsaan oleh Yudi Latif, Phd (mantan Ketua BPIP) serta hiburan yang menghadirkan penyanyi Dewi Yull.

"Sebagai bentuk realisasi semangat pahlawan dan perjuangan diera kekinian, generasi muda harus memiliki sikap juang dan berkarya serta bercita-cita tinggi," kata Dwi Atmadji dalam sesi wawancara dengan wartawan, Minggu (10/11/2019) siang.

Generasi muda perlu meningkatkan pemahaman agar tak termakan maraknya hoaks dan ujaran kebencian akhir-akhir ini.

"Harapan saya, generasi muda makin inovatif untuk bersaing di pasar global. Sekarang ini semua serba bisa online, berkarya bisa dari mana saja, bahkan dari rumah dengan menggunakan internet. Apalagi sekarang pemerintah telah meluncurkan tol langit," lanjut pria yang menjabat sebagai Sesmen PAN & RB ini.

Menjawab pertanyaan terkait adanya taman makam pejuang eks tentara pelajar, Atmadji menjawab bahwa pihaknya memang konsen merenovasi dan mengembangkan TMP Brigade 17 TP yang ada di Desa Wareng, Kecamatan Butuh.

"Mengapa kami konsen pada makam para eks Tentara Pelajar, karena yang menginisiasi lahirnya SMAN 1 Purworejo adalah para eks TP. Ada Imam Subekhi, Prof Kunto Wibisono, Iman pratignyo dan lain-lain," tambahnya.

Dia juga berharap agar makam-makam atau memorabilial para pahlawan dan tokoh-tokoh bangsa dari Purworejo dapat diintegrasikan dengan wisata sejarah.

"Contohnya di Bengkulu, wisatawan pasti akan berkunjung ke rumah Bung Karno. Nah, di Purworejo ada rumah lahir WR Soepratman, ada rumah lahir Kasman Singadimedja dan lain-lain. Bisa dijadikan tempat wisata untuk menunjang slogan Purworejo Kota Pejuang," pungkasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00