Trans Semarang Launching Kartu Khusus Veteran Dan Lansia

Pemerintahan  MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 09:15:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Trans Semarang Launching Kartu Khusus Veteran Dan Lansia
RMOLJateng. Pemkot Semarang secara resmi meluncurkan Kartu Tapcash BNI Semarang Hebat khusus untuk Lansia dan Veteran bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

Kartu Tapcash BNI akan semakin mempermudah dalam pembayaran karena tidak perlu membawa uang cash saat bertransaksi.

Penerbitan Kartu Lansia dan Veteran ini sebagai bentuk Komitmen Pemerintah Kota Semarang untuk menjadi Kota ramah lansia.
Untuk memperoleh Kartu Tapcash BNI Semarang Hebat khusus untuk Lansia dan Veteran ini, terlebih dahulu mendaftar pada Komda Lansia untuk mendapatkan Kartu Identitas Lansia.

Dengan adanya Tarif khusus bagi Lansia dan Veteran ini, diharapkan akan semakin memudahkan dalam bepergian menggunakan transportasi massal BRT Trans Semarang.
Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Dinas Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan menambahkan,  Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 16A Tahun 2017 tentang BRT Trans Semarang, akan dilakukan perubahan dengan penyertaan tarip khusus untuk lansia dan veteran.

"Berdasarkan perubahan atas Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 54 Tahun 2019 terdapat penambahan untuk Tarip lansia dan veteran, Tarip Umum Rp. 3.500,-,  sedangkan Tarip Lanjut Usia, Tarip Veteran, Tarip Mahasiswa, Tarip Pelajar, Tarip Pengguna KIA  dan Tarip Anak dibawah umur 5 tahun sebesar Rp. 1.000,-. Dengan memakai Kartu TapCash BNI Semarang Hebat khusus untuk Lansia dan Veteran, Pengguna Trans Semarang hanya dikenai tarif Rp.1000,-," tutur Ade.


Uji Coba Bus Low Deck

Dalam kesempatan yang sama, juga meluncurkan secara resmi uji coba penggunaan Bus Low Deck Scania Chassis K250 UB - 4X2 untuk beroperasional di Koridor 1 rute Mangkang - Penggaron yang akan dimulai Senin 11 November 2019.

"Bus Low Deck ini akan beroperasional pagi dan sore hari masing-masing 2 trip dan akan beroperasional hingga 30 November 2019," ungkapnya.

Sebelumnnya Trans Semarang telah melakukan uji coba untuk mengetahui kondisi medan jalan yang akan dilalui Bus ini Kamis (07/11).

Dari ujicoba diketahui kontur medan jalan di koridor 1 sangat layak dilalui.

"Ujicoba ini dilakukan mengingat bus bertipe low deck. Kami ingin memastikan sebelum beroperasional, bus ini nyaman digunakan," tuturnya lagi.

Bus Low Deck berkapasitas 41 tempat duduk yang menghadap depan dengan seat 2X2, kemudian terdapat 2 kursi lipat, 1 tempat kursi roda, 1 kursi untuk operator dan 25 pegangan untuk penumpang yang berdiri.

Di dalam bus juga dilengkapi dengan 7 CCTV dan pengaman untuk kursi roda.

"Bagi pengguna jasa yang sudah menantikan bus ini mengaspal Senin besok, tarif yang dibayar tidak mengalami perubahan. Tarif Trans Semarang sesuai Perwal 54 tahun 2019, untuk Umum Rp.3500, Pelajar/Mahasiswa/KIA Rp.1000," tambah Ade. [jie]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00