Satpol PP Kota Semarang Urungkan Ratakan Karaoke Liar Di Johar Baru

Ada Upaya Hukum Dan Akan Beralih Fungsi

Nusantara  SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 16:22:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Satpol PP Kota Semarang Urungkan Ratakan Karaoke Liar Di Johar Baru
RMOLJateng. Upaya pembongkaran bangunan karaoke liar yang ada di kawasan Johar Baru yang tidak jauh dengan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) mendapatkan perlawanan dari para pemilik bangunan.

Pasalnya, para pemilik merasa telah ditipu oleh seseorang sebelum para pengusaha karaoke mendirikan bangunan. Selain itu tanah yang didirikan bangunan merupakan tanah HM yang masih sengketa.

Setelah dilakukan musyawarah antara Satpol PP, Kapolsek, Camat Gayamsari, Lurah, TNI dan ormas gabungan akhirnya pembongkaran bangunan dibatalkan.

"Setelah ada kesepakatan bersama, kita batalkan untuk meratakan bangunan. Selain itu, para pemilik akan melakukan upaya hukum pada orang yang telah dianggap menipu sebelum mereka mendirikan  bangunan. Namun demikian kita tetap merobohkan pintu-pintu bangunan," ujar Kasat Pol PP Fajar Purwoto.

Lebih lanjut Fajar mengatakan, tanah tempat berdirinya bangunan bukan milik pemerintah atau tanah MAJT tapi hak milik yang saat ini masih sengketa.

"Tanah HM tapi masih sengketa karena ada dua orang yang mengaku memiliki tanah tersebut," tandas Fajar.

Alasan lain kenapa tidak diratakan, selain pemilik akan menempuh upaya hukum, mereka juga telah menegaskan akan mengalihfungsikan bangunan untuk usaha perdagangan, gudang dan bukan untuk karaoke.

"Dalam kesepakatan bersama itu, jika kedapatan tetap untuk karaoke, maka kita akan langsung bongkar," tuturnya.

Sementara itu pengelola MAJT, Gus Iwan menyatakan untuk mengurangi kerugian yang lebih besar dan karena ada upaya hukum, pihaknya akan mengawal kesepakatan bersama tersebut.

"Kita telah sepakat di kawasan MAJT harus bersih dari karaoke. Untuk mengurangi kerugian yang lebih besar dari saudara-saudara kita, maka kita setuju tidak membongkar bangunan. Selain itu para pemilik adalah korban," ujar Gus Iwan.

Senada, Kapolsek Gayamsari penertiban karaoke ditekankan pada pentingnya menjaga Kamtibmas dan pihaknya bersyukur karena penertiban berjalan dengam lancar.

"Mudah-mudahan kesepakatan yang telah dibuat bersama bisa dilaksanakan dan kami  mengapresiasi kepada pemilik yang akan mengalihfungsikan bangunan untuk usaha yang benar," tambah Kapolsek. [jie]



Komentar Pembaca
Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 17:52:00