KPU Sukoharjo Siap Launching Si Gasi” Maskot Pilkada

Daerah  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 15:40:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

KPU Sukoharjo Siap Launching Si Gasi” Maskot Pilkada
RMOLJateng. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menyiapkan maskot dan jingle Pilkada untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Maskot dan jingle dilombakan dan sudah terpilih pemenangnya, untuk maskot ‘Si Gasi’ dan jingle lagu berjudul ‘Sukoharjo Memilih’,” kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sukoharjo, Suci Handayani, Jumat (8/11).

Maskot dan jingle dipilih yang menarik, mudah diingat, filosofis, bernilai muatan local, ramah, non partisan, dinamis dan menghibur.

Maskot ‘Si Gasi’ atau kepanjangan dari Gamelan Demokrasi karya dari Hernawan Windaryanto, sedangkan untuk jingle ‘Sukoharjo Memilih’ karya dari Nugroho Arnold.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda menambahkan, maskot dan jingle bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020.

KPU segera melaunching maskot dan jingle yang akan digunakan sebagai sarana sosialisasi kepada masysarakat, agar lebih menarik dan mendongkrak tingkat partisipasi pemilih,” kata Nuril, usai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Adendum anggaran Pilkada diruang rapat Sekda Sukoharjo, Jum'at (8/11).


Digambarkan Nuril, maskot yang dipilih diberi nama 'Si Gasi' kepanjangan Si Gamelan Demokrasi. Dipilihnya gamelan lantaran sarat makna budaya kearifan lokal.

"Jadi Sukoharjo ini kan terkenal sebagai penghasil (home industri) gamelan, atau kabupaten gamelan. Dimana gamelan ini punya irama yang selaras, sehingga kami berharap bahwa masyarakat bisa selaras meski ada perbedaan pilihan dalam Pilkada," paparnya.

Selaras yang dimaksudkan melalui maskot tersebut dikatakan Nuril digambarkan melalui salah satu instrumen gamelan yaitu, Bonang. Bonang berfungsi sebagai pembawa melodi pokok yang merupakan induk atau pemersatu dari semua alat musik lainnya.

Nuril menambahkan informasi hari ini juga dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Adendum anggaran Pilkada 2020.

KPU mendapat tambahan dana sebesar Rp2 milyar, hingga total anggaran KPU Sukoharjo sebesar Rp23 milyar. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00