Tanamkan Nilai Wawasan Kebangsaan Dengan Outbound di SMA Negeri 1 Tawangsari

Daerah  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Tanamkan Nilai Wawasan Kebangsaan Dengan Outbound di SMA Negeri 1 Tawangsari
RMOLJateng. Salah satu cara efektif menanamkan nilai wawasan kebangsaan (wasbang) bagi anak muda dengan aksi kreatif langsung.

Nilai wasbang lebih manjur saat diterapkan melalui permainan outbond. Bisa menanankan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, kekompakan atau kerjasama dan kewaspadaan diri,” terang Kapten Czi Hartono, Plh Pasiter Kodim 0726/Sukoharjo, saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Tawangsari, Jumat (8/11).

Sejumlah permainan outbound yang diberikan antara lain water eatafet, permadani terbang, tongkat estafet, buldozer, bola tali dan holahop.

Nampak keseruan dan kekompakan tercipta saat para siswa melakukan permainan tersebut.

Selain dalam bentuk permainan, materi wasbang juga disampaikan secara teori. Antara lain empat pilar konsensus dasar Negara Indonesia, Bahaya Narkoba, Bela Negara dan Etika Pergaulan, yang disampaikan oleh Kapten Bahrun.

Tujuan wasbang ini adalah untuk membina dan membentuk gerasi penerus bangsa yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki  mrasa cinta tanah air,” tandasnya.
 
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tawangsari Narman berharap kegiatan wasbang bisa diberikan secara berkala pada anak didiknya.

Saya berharap kegiatan semacam ini bisa tetap berlanjut, sehingga  nilai wawasan kebangsaan ini bisa menjadi bekal anak-anak dalam mencapai cita-citanya,” pungkasnya.

Program outbound wasbang untuk siswa, Kodim 0726/Sukoharjo juga menyasar ke sejumlah sekolah SMA/SMK di Sukoharjo. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00