Minimalisir Pohon Tumbang, PT Djarum Kudus Lakukan Pemangkasan

Daerah  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 21:18:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Minimalisir Pohon Tumbang, PT Djarum Kudus Lakukan Pemangkasan
RMOLJateng. Menanggapi tumbangnya 26 Pohon Trembesi di Jalan Pantura Demak - Kudus, pada Senin (4/11) lalu, PT Djarum Kudus langsung melakukan pengecekan di seluruh pohon yang berada di sepanjang Jalan Pantura Demak.

Hal tersebut disampaikan Manager Publik PT Djarum Kudus, Purwono Nugroho, Kamis (7/11) malam.

Menurut Purwono, tumbangnya pohon di sepanjang Jalan Pantura tersebut, murni faktor alam. Namun demikian, PT Djarum Kudus selama ini telah rutin melakukan perawatan dan pemeliharaan apa yang memang menjadi tanggung jawab perusahaan.

"Selama ini, kami secara rutin melakukan pemangkasan, pemeliharaan, serta memonitor mana pohon yang harus kami tebang. Memang benar itu tanggung jawab kami PT Djarum," ujar Purwono Nugroho.

Sementara itu, Kepala BPBD Demak, Agus Nugroho, mengatakan bahwa tumbangnya 26 pohon trembesi di Jalan Pantura Demak - Kudus, seharusnya direspon cepat oleh PT Djarum Kudus, selaku yang bertanggung jawab karena pohon di sepanjang jalan pantura milik PT Djarum.

"Seharusnya, dalam kejadian tersebut yang harus bertanggung jawab adalah pihak PT Djarum Kudus. Pasalnya pohon-pohon Trembesi disepanjang jalur Pantura Demak itu yang menanam dan memelihara adalah perusahaan rokok PT Djarum Kudus. Namun, sebagai tindak penanggulangan bencana, kami langsung terjunkan personil untuk mengevakuasi 26 pohon yang tumbang tersebut," ujar Agus.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal serupa, pihaknya secara inten melakukan perawatan terhadap pohon disepanjang jalur Pantura dengan memangkas ranting pohon yang rapuh.

"Saat ini kita lakukan penyisiran dan pemangkasan ranting dan pohon pohon yang sudah rapuh," pungkas Purwono. [jie]






Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00