Mulai Hari Ini, Masuk Obyek Wisata Di Jepara Gratis

Pariwisata  SENIN, 04 NOVEMBER 2019 , 11:38:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Mulai Hari Ini, Masuk Obyek Wisata Di Jepara Gratis
RMOLJateng. Kabar gembira. Mulai hari ini, masuk obyek wisata yang ada di Kabupaten Jepara tidak dipungut biaya alias gratis.

Kebijakan ini berlaku seiring telah diundangkannya Peraturan Daerah No 5 Tahun 2019 sebagai Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 26 tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan regulasi baru ini sudah melalui berbagai tahapan. Termasuk sudah dievaluasi Gubernur Jateng.

Setelah urusan itu kelar, perda tentang penggratisan biaya masuk obyek wisata ini diundangkan dan diberi nomor per 1 November 2019.

"Monggo nikmati wisata dan segala potensinya yang ada di Jepara. Mulai hari ini gratis," kata Dian Kristiandi, Senin (4/11/2019).

Penggratisan biaya ini hanya berlaku untuk obyek wisata yang dikelola Pemkab Jepara. Seperti Pantai Tirta Samudra Bandengan, Pantai Kartini, Benteng Portugis dan Museum Kartini.

Sedang untuk obyek wisata yang dikelola swasta, pihak desa atau lainnya diserahkan kepada masing-masing pengelola.

Penggratisan tiket masuk obyek wisata ini juga berlaku untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan akhir pekan dan hari besar tetap dikenakan retribusi.

Pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional retribusinya sebesar Rp 10.000. Sedangkan pekan syawalan serta sepekan natal dan tahun baru Rp 15.000.

"Semoga dengan kebijakan ini Dengan penggratisan ini semakin banyak pengunjung yang datang ke Jepara. Sehingga sektor usaha kecil mikro dan menengah juga ikut terdongkrak dengan semakin banyaknya pengunjung," jelasnya.

Terkait PAD yang berpotensi berkurang seiring penggratisan biaya retribusi obyek wisata ini, Dian Kristiandi mengaku tidak terlalu khawatir.

Pasalnya PAD dari sektor wisata tidak hanya diukur dari retribusi. Melainkan sektor pajak perhotelan, rumah makan dan lainnya.

"Pajak dari penginapan dan rumah makan ini akan kami genjot. Kalau sektor wisata maju pasti para pengusaha dua usaha itu juga ikut merasakan dampaknya," tandasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00