Anak Petani Juara Lomba Kompetensi Keperawatan Tingkat Provinsi

Pendidikan  SABTU, 02 NOVEMBER 2019 , 12:53:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Anak Petani Juara Lomba Kompetensi Keperawatan Tingkat Provinsi
RMOLJateng. Hebat dan Luar Biasa, mungkin kalimat itu yang tepat diberikan kepada gadis bernama Silvi Anisaturrohman (17). Betapa tidak, meski berasal dari keluarga petani, namun nyatanya bisa mengukir prestasi yang membanggakan.

Berkat kemampuannya, pelajar yang saat ini duduk di bangku kelas 12 Asisten Keperawatan SMK Bhakti Husada Blora itu berhasil meraih juara pertama dalam lomba kompetensi keperawatan tingkat SMK se- Provinsi yang digelar akhir bulan Oktober lalu di Kabupaten Banyumas.

Lomba sendiri digelar dalam 3 sesi, sesi teori, analisa kasus dan ujian praktek keperawatan.

Dalam tiga sesi yang berlangsung, Silvi mampu membuat dewan juri memberikan penilaian terbaik dibanding 22 peserta dari Kabupaten lainnya.

Menurut Silvi, dalam perlombaan yang baru kali pertama diikutinya itu, dirinya sempat minder melihat kemampuan tiap peserta yang cukup bagus-bagus. Namun dirinya yakin mampu.tampil lebih baik dan bisa menjadi juara.

"Persaingan dari segi semua sangat ketat. Semua peserta terlihat kompeten, bagus-bagus. Saya sempat minder melihatnya. Tapi saya yakin kepala tuhan, karena saya sudah berusaha maksimal tinggal Allah yang menentukan,"  ucap Silvi saat ditemui di Sekolahnya, Sabtu (2/11).

Gadis kelahiran Demak pasangan Almarhum Subakdi dan Alkomah itu mengaku tidak menyangka akhirnya bisa terpilih menjadi juara pertama. Pasalnya, persiapan untuk menuju perlombaan diakuinya sangat singkat.

"Persiapannya cuma 1 bulan, tapi 2 Minggu memang saya digembleng terus oleh guru pembimbing. Bahkan selama itu saya tidak mengikuti pelajaran sekolah karena harus fokus diperlombakan," kata Silvi.

Guru pembimbing Silvi, Ika Kristalina mengakui anak didiknya itu memiliki kemampuan teori diatas rata-rata temannya. Menurutnya, Silvi selalu juara kelas setiap tahunnya.

"Kalau Silvi ini memang anaknya pintar. Jadi saya tinggal memolesnya saja. Tapi dia memang agak kurang di prakteknya. Makanya kemarin saya fokuskan untuk melatih di ujian praktek. Alhamdulillah akhirnya bisa jadi juara," ucapnya.

Atas prestasinya itu, Silvi berhasil membawa pulang sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 4,5 juta.

Sunardi Kepala Sekolah SMK Bhakti Husada mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya itu. Pihak sekolah akan memberikan beasiswa selama 1 tahun untuk Silvi.

"Iya kita sudah siapkan beasiswa selama 1 tahun untuk Silvi. Dia akan bebas dari uang SPP Sekolah," jelas Ardi. [jie]



Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00