Fosil Gajah dan Sapi Purba Ditemukan Di Terban Kudus

Daerah  SELASA, 29 OKTOBER 2019 , 15:38:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Fosil Gajah dan Sapi Purba Ditemukan Di Terban Kudus
RMOLJateng. Tim Museum Purbakala Patiayam Kudus kembali menemukan fosil gajah dan sapi purba di Dukuh Ngarit, Desa Terban, Kecamatan Jekulo. Penemuan ini, menjadi pelengkap koleksi fosil di puseum purbakala tipe C tersebut.
 
Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Wahyu Heriyanti melalui Kasi Sejarah Permuseuman dan Purbakala Lilik Ngesti Widiasuryani membenarkan adanya penemuan fosil tersebut.

Pihaknya berhasil mengekskavasi dan menyelamatkan fosil Stegodon Trigonochepalus (gajah purba)  berupa gading panjang antara 1 meter hingga 1,5 meter, potongan tulang leher, tulang rusuk dan tulang belakang. Serta sebuah fosil diduga gigi sapi purba.
 
Fosil yang berhasil diselamatkan dalam waktu tiga hari, sejak Selasa (22/10) hingga Kamis (24/10) itu, saat ini tengah menjalani proses idenfikasi yang lebih mendalam oleh tim arkeologi dari Museum Purbakala Sangiran.

Untuk selanjutnya dilakukan proses rekonstruksi dan konservasi. Karena fosil yang ditemukan berupa potongan-potongan.
 
"Ini masih dalam penanganan Tim Sangiran. Untuk detailnya, nanti kita tunggu hasil identifikasi mereka," kata Lilik, Selasa (29/10).
 
Kepala UPT Museum Purbakala Patiayam Kasman Sutiyono menyebut, penemuan fosil ini pertama kali disampaikan oleh Ronji (42) warga Desa Terban,  Kecamatan Jekulo Kudus. Untuk kemudian dilakukan penggalian dan pengangkatan fosil.
 
Fosil diperkiraan memiliki panjang antara 1 meter hingga 1,5 meter.  Kemungkinan jika ditemukan utuh bisa mencapai 2 meteran. Hanya saja, saat evakuasi ujung gading terlihat tumpul dan tidak utuh. Karena perkiraan hanyut terbawa air,” jelas Sutiyono.  [jie]





Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00