Nyamannya Transportasi Publik Di Negeri Erdogan

Lifestyle  KAMIS, 24 OKTOBER 2019 , 22:44:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Nyamannya Transportasi Publik Di Negeri Erdogan
RMOLJateng. Transportasi menentukan tingkat kemajuan suatu negara. Semakin melengkapi berwisata di Turki tidak lupa menjajal transportasi publik.

Penulis sempat menjajal beberapa beberapa moda transportasi lokal. Pertama tramvay, turis bisa membeli Istanbul Kart seharga 25 TL (Rp68.750 dengan nilai tukar Rp2.750) yang mudah ditemui di kios-kios pinggir jalan.

Satu kartu bisa digunakan untuk beberapa orang. Kartu ini bisa diisi ulang,” kata pemilik kios, Tugba.

Namun, naik moda ini harus hati-hati karena scammer akan memiliki banyak cara untuk menipu.


Perjalanan darat ke luar kota bisa ditempuh dengan dolmus (bis). Beberapa pemain lama masih beroperasi dengan tampilan dan layanan lux. Seperti Kamilkoc dikenal sejak 1926 atau Pamukkale.

Turis ke otogar (terminal) untuk membeli tiket secara manual. Sebenarnya tiket bisa dibeli online namun bagi turis tidak memungkinkan karena harus mengisi tanda pengenal.

Di dalam bis tersedia layar televisi, sabuk pengamanan dan disediakan air minum. Bosan dengan perjalanan yang lama? Bisa memilih tayangan lokal atau film baik Hollywood maupun produksi dalam negeri.

Film asal Turki seperti Deliha atau Kardesim Benim akan mengusir bosan perjalanan jauh. Film luar juga tersedia mulai dari The Mummy, Penguin dan lain sebagainya.

Jarak pendek bisa ditempuh dengan dolmus dengan tenaga mesin Elf. Harga tergantung jarak dan bisa dibayar di atas moda. Misalkan, jarak dari Selçük Ötoğar ke Desa Sirince cukup membayar 4TL (sekitar Rp11.000 dengan kurs Rp2.750). [hen]

Komentar Pembaca