Desa Cantik Sirince Nan Eksotik

Menjelajah Turki

Lifestyle  KAMIS, 24 OKTOBER 2019 , 14:10:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Desa Cantik Sirince Nan Eksotik
RMOLJateng. Perpaduan desa tua nan tenang dan kehidupan lokal masih original merupakan daya tarik Desa Sirince, Selcuk, Provinsi Izmir Turki.

Desa ini merupakan desa Orthodox, tak heran ada pula yang menyebutnya pretty old Orthodox Village.

Desa Sirince terbentuk ketika orang-orang melarikan diri dari Efesus. Mereka menetap di pegunungan dan menamai desa Cirkince berarti jelek. Nama ini dipilih agar orang luar tidak ingin tahu dan berkunjung ke desa tersebut. Namun, nama itu diubah menjadi Sirince, artinya cantik.

Tempat ini dikenal sebagai produsen wine. Setelah turun dari dölmüş seperti bis dalam kota) penjaja souvenir sudah menyapa merhaba (halo). Berbagai souvenir dengan gambar anggur menjadi penanda Anda memasuki Desa Sirince.

Namun, di sini wine tidak hanya terbuat dari anggur. Berbagai jenis buah bisa dijadikan bahan baku wine seperti aprikot, ceri, strawberi hingga pisang.

Masih di area bawah banyak dibuka kedai minuman. Turis tidak harus membeli setelah mencicipi wine secara gratis.

Jalan setapak di lorong-lorong Sirince sekitar dua meter. Jalan menanjak dengan susunan batu alam tertata rapi.

Tak hanya wine, kopi asli Turki digoreng dengan pasir juga menjadi andalan saat berkunjung ke Desa Sirince. Gelas perak sudah disiapkan di meja sedangkan gelas saji masih tersimpan. Bubuk kopi diseduh dengan air dipanaskan di atas pasir. Aroma kopi yang tercium menyengat lidah.

Kopi siap dituang di gelas saji. Di permukaan gelas muncul busa ditunggu hingga mengedap kemudian dituang kembali kopi sampai penuh. Lalu, gelas kecil ditutup dan didiamkan dingin sebentar untuk dicicipi.

Harga kopi ini 7 TL (sekitar Rp19.250 dengan nilai tukar Rp2.750. Terdiri dari kopi dan su (air putih untuk penawar),” kata Rasyid, pengelola kedai.

Puas minum, buah tangan khas Desa Sirince adalah minyak zaitun, sabun dan pelembab.
Penduduk desa ini memang pandai mengolah minyak zaitun. [hen]

Komentar Pembaca