514 Warga Desa Sidogemah Mendapat Ganti Untung Tol Semarang-Demak

Nusantara  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 21:16:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

514 Warga Desa Sidogemah Mendapat Ganti Untung Tol Semarang-Demak
RMOLJateng. Ratusan warga Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, terima ganti untung lahan proyek tol Semarang Demak, Selasa (15/10).

Pembagian ganti untung ini dilakukan usai dokumen kepemilikan lahan dan bangunan lolos verifikasi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pembagian uang ganti untung proyek tol ini digelar di Balai Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, yang diikui oleh 106 warga desa setempat.

Pembagian dilakukan dalam tiga tahap, dengan nilai total hampir Rp700 milyar rupiah untuk pembebasan lahan.

Salah seorang warga, Almusyadah, mengaku mendapat ganti untung  untuk lahan dan bangunan seluas 376 meter persegi sebesar Rp1,2 milyar rupiah. Rencananya, uang lebih dari Rp1 milyar tersebut akan digunakan untuk membeli rumah di wilayah Demak Kota.

"Buat beli rumah di daerah Wonosalam. Rumah ini sudah lebih dari 20 tahun saya tempati, peninggalan orang tua," ujar Almusyadah.

Sementara itu, Kepala Divisi Pendanaan Tol Semarang Demak, Rini Rismayanti, mengatakan, pemberian ganti untung lahan di Desa Sidogemah dilakukan dalam tiga tahap karena di desa ini menjadi warga terbanyak yang terdampak pembangunan tol.

"Persyaratannya mudah untuk mencairkan, warga harus menunjukkan dokumen resmi yang sudah terverifikasi BPKP, dan uangnya langsung ada direkening yang dibuat langsung," kata Rini.

Di Desa Sidogemah sendiri sebanyak 514 kk terdampak pembangunan tol Semarang - Demak yang direncanakan akan digarap selama 2 tahun ke depan. Desa Sidogemah direncanakan akan menjadi exit tol kabupaten Demak, sebelum exit di Kawasan Kadilangu Demak. [jie]






Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00