Bawaslu Karanganyar Lakukan Seleksi Untuk Desa Pengawasan Dan Desa Anti Money Politik

Politik  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 20:16:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Bawaslu Karanganyar Lakukan Seleksi Untuk Desa Pengawasan Dan Desa Anti Money Politik
RMOLJateng. Bawaslu Karanganyar sebagai salah satu lembaga penyelenggara Pemilu di bidang pengawasan membentuk Desa Pengawasan dan Desa Anti Money Politik.

Hal tersebut disampaikan anggota dan Kordiv. Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Karanganyar, Ikhsan Nur Isfiyanto dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Program Kerja Bawaslu Kabupaten Karanganyar Tahun 2019 di Hotel Jawa Dwipa Karanganyar.

"Meski tahapan Pemilu 2019 telah usai, namun sebagai lembaga penyelenggara Pemilu di bidang pengawasan, Bawaslu tetap  melakukan upaya pencegahan pelanggaran pemilu melalui pembentukan Desa Pengawasan dan Desa Anti Money Politik," jelasnya,  Rabu (9/10) sore.

Ditambahkan Ikhsan Nur Isfiyanto, pembentukan Desa Pengawasan dan Desa Anti Money Politik merupakan langkah strategis yang dirancang Bawaslu untuk menggerakkan masyarakat di tingkat desa untuk sadar akan pentingnya hidup demokrasi yang bermartabat.

Sementara itu proses pembentukan Desa Pengawasan dan Desa Anti Money Politic melibatkan para pegiat demokrasi di Karanganyar, untuk mengajukan 2 Desa di tiap-tiap kecamatan yang nantinya akan dibawa ke Kabupaten.

"Dari 17 Desa Pengawasan dan 17 Desa Anti Money Politik yang diusulkan, kemudian diambil 3 Pengawasan dan 3 Desa Anti Money Politik," jelas Ikhsan.

Kedepannya nanti lanjut Ikhsan,  Desa Pengawasan dan Desa Anti Money Politik yang telah terbentuk bisa menjadi pioner atau desa percontohan yang minim dalam  pelanggaran pemilu, serta menjadi embrio untuk menggugah desa-desa yang lain. [jie]





Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00