Kemarau Panjang, Warga Blora Antri Untuk Dapatkan Air Bersih

Daerah  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 13:06:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Kemarau Panjang, Warga Blora Antri Untuk Dapatkan Air Bersih
RMOLJateng. Krisis air bersih terus dirasakan warga di Kabupaten Blora, Jawa tengah. Di Desa Rowobungkul Kecamatan Ngawen, warga saat ini hanya bisa mengandalkan sumber air dari Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) desa. Untuk mendapatkan air itupun warga harus rela antri sampai berjam-jam.

Kahar salah satu warga mengaku, krisis air bersih sudah dialami warga desa sejak 6 bulan terakhir. Setiap harinya, untuk mendapatkan air bersih warga mengambilnya dari air sungai yang dialirkan ke selang PAMSIMAS desa.

"Ini sudah mau masuk 7 bulan mas, ya seperti ini setiap hari. Kalau pagi malah antrinya bisa 1 sampai 2 jam baru bisa bawa pulang air," ucap Kahar, Rabu (9/10).

Nampak puluhan jerigen berjajar antri di lokasi PAMSIMAS yang berada di gerbang utama masuk desa. Warga pun dengan sabar menunggu giliran untuk mengisi jerigen mereka.

"Biasanya setiap warga ada yang bawa 3 sampai 4 jerigen. Ya antri gini. Mau gimana lagi, yang penting kan dapat air," ujarnya.

Meski sudah harus antri lama, namun untuk mendapatkan air itu warga harus mengeluarkan uang. Untuk setiap 3 jerigen warga harus membayar Rp 1.000.

"Uang hasil penjualan ini digunakan untuk pemeliharaan PAMSIMAS. Kan tetap butuh untuk bayar listrik juga," ucap Rosidin pengelola PAMSIMAS. [jie]

Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00