Perempuan Usia Produktif Disarankan Skrining Satu Bulan Sekali

Lifestyle  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 19:11:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Perempuan Usia Produktif Disarankan Skrining Satu Bulan Sekali
RMOLJateng. Perempuan usia produktif disarankan melakukan pemeriksaan berkala USG payudara.

Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini kanker payudara. Satu bulan sekali dilakukan cek atau skrining ke klinik atau rumah sakit jika dirasa ada benjolan,” ungkap Radiologi dari RS Columbia Asia Semarang Dr Siska Liana, Sp Rad, Selasa (8/10) di atrium Mall Ciputra Semarang dalam peringatan Hari Kanker Payudara Internasional bertajuk We Care We Aware”.

Menurutnya, kendala yang banyak ditemui adalah takut berlebihan tanpa alasan. Alhasil, pasien datang dengan kondisi stadium tertentu.

Tidak usah takut untuk melakukan skrining. Semua bisa melakukan cek mulai dari anak-anak, menyusui, hamil hingga tua,” paparnya.

Untuk melakukan skrining, lanjut dia, tidak perlu ada persiapan khusus. Setelah dilakukan USG akan diketahui ada benjolan padat/ tidak, jinak/ berbahaya.

Kemudian akan dilanjutkan pemeriksaan berikutnya jika dinilai berbahaya. Semakin cepat diketahui, semakin baik,” katanya.

Menurut dia, angka pengidap benjolan di payudara semakin meningkat terutama usia produktif. Hal ini dipengaruhi lingkungan, makanan, hormonal dan stress.

Namun, faktor utama adalah genetik. Jika ada riwayat kanker sebaiknya tidak ragu melakukan pemeriksaan,” terangnya.

Mall Manager Ciputra Manager Ani Suyatni menambahkan, kegiatan ini menggandeng mitra gojek di Kota Semarang. Ada 50 mitra gojek melakukan pemeriksaan sebagai salah satu upaya mendeteksi kanker payudara,” paparnya. [hen]

Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00