Tak Pernah Diajak Rembukan, Bawaslu Demak Mutung

Politik  SELASA, 01 OKTOBER 2019 , 17:00:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Tak Pernah Diajak Rembukan, Bawaslu Demak <i>Mutung</i>
RMOLJateng. Badan Pengawas Pemilu (bawaslu) Kabupaten Demak, tidak menghadiri penandatanganan fakta integritas terkait Dana Hibah yang diberikan pemerintah kabupaten demak dalam Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) 2020.

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih Setyono, mengatakan, pemerintah telah menyiapkan secara matang seluruh anggaran untuk instansi terkait, dalam rangka pilkada Demak tahun 2020.

"Sudah kami bagi secara matang. Baik Polres Demak, Kodim, KPU, dan Bawaslu. Jadi kalau bawaslu tidak datang dalam penandatanganan kesepakatan ini, ya akan menjadi resiko yang harus diterima dikemudian hari," ujar Singgih.

Dalam Penandatanganan Nota Perjanjian Hibah, di Ruang Bina Praja, Selasa (1/10) siang, hanya KPU Kabupaten Demak yang datang dan akan menerima dana sebesar Rp29 Milyar.

Dana tersebut, menurut Singgih sudah diperhitungkan dan sesuai kebutuhan dalam pelaksaan Pilkada Demak.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Khoirul Saleh, mengatakan, pihaknya sengaja tidak hadir karena ketidaksesuaian anggaran yang diajukan dengan anggaran yang disetujui.

"Ada keputusan sepihak terkait anggaran pilkada. Ketentuan dari mendagri kan jelas, besaran anggaran harus sesuai dengan kebutuhan dan harus diputuskan oleh kedua belah pihak," ujar Khoirul Saleh.

Bawaslu sendiri sudah menanyakan kepada Pemerintah Daerah terkait anggaran pilkada. Namun, bawaslu justru menerima besaran anggaran tanpa dibicarakan terlebih dahulu.

"Setelah memperhitungkan kebutuhan dalan proses jalannya pra, pemilihan dan paska, kita ajukan anggaran sebesar 12 milyar rupiah, namun tiba tiba muncul angka yang disetujui pemda sebesar 5 milyar rupiah. Padahal kami gak pernah diajak membahas itu," pungkas Khoirul. [jie]






Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00