Pendampingan Jamaah Haji Berusia Lanjut Jadi Bahan Evaluasi

Daerah  RABU, 25 SEPTEMBER 2019 , 13:57:00 WIB | LAPORAN: PRAMUDO WICAKSONO

Pendampingan Jamaah Haji Berusia Lanjut Jadi Bahan Evaluasi
RMOLJateng. 617 jamaah haji asal Kabupaten Semarang kembali ke tanah air dengan selamat.

Meski begitu, pendampingan terhadap jamaah berusia lanjut menjadi salah satu poin bahan evaluasi dalam pelaksanaan ibadah haji tahun mendatang.

"Dari laporan jamaah, khususnya bagi jamaah berusia lanjut, di atas 60 tahun ada pelatihan dan pendamping khusus, karena pada jamaah dengan usia itu dikhawatirkan saat menunaikan ibadah haji terdapat kendala terkait sudah menurunnya daya ingat, atau pikun," ungkap Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Muhdi Z, usai penerimaah jamaah Kabupaten Semarang Tahun 2019, di Pendopo rumah dinas Bupati. Rabu (25/9).

Sebagai evaluasi Kemenag Kabupaten, lanjut dia, berencana mengadakan bimbingan khusus dipimpin Kasi Haji Kemenag bersama pembimbing yang sudah bersertifikat.

"Rencananya sebelum pelaksanaan ibadah haji tahun depan, calon jamaah haji akan mendapatkan delapan kali bimbingan, terdiri dari dua bimbingan di tingkat kabupaten, dan enam bimbingan di tingkat kecamatan," ujarnya.


Secara keseluruhan pelaksanaan ibadah haji jamaah asal Kabupaten Semarang tahun 2019 ini berjalan lancar, meliputi kesehatan jamah dan barang bawaan.


"Alhamdulillah, laporan dari KHI berjalan lancar, saat jamaah haji pulang dari asrama donohudan lalu di bawa pulang ke Kabupaten Semarang, untuk tahun ini semuanya lancar, termasuk barang bawaan jamaah juga tidak ada permasalahan sama sekali," tandasnya.

Sementara itu Bupati Semarang, Mundjirin mengapresiasi pelaksanaan ibadah haji tahun inj, terlebih dari 617 jamaah haji yang berangkat semuanya dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat.

Mundjirin mengimbau kepada jamaah haji, supaya bisa membaur dan dapat menjadi contoh yang positif kepada masyarakat. [hen]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta