Warga Sukoharjo Ditipu Investor Hingga Rp6,5 Milyar

Hukrim  SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 17:26:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Warga Sukoharjo Ditipu Investor Hingga Rp6,5 Milyar
RMOLJateng. Seorang warga Sukoharjo bernama Supradi Kertamenawi tertipu oleh calon investor berinisial RBW (25) warga Grogol, Sukoharjo.

Ia kehilangan uang sebesar Rp6,5 miliar untuk mengurus pembelian tanah seluas 4,5 hektarare di kawasan Paluhomo, Bendosari pada tahun 2016.

Ironisnya, tanah seluas 4,5 hektar tersebut adalah milik 20 warga Paluhombo. Semuanya baru dibayar uang muka, masih menyisakan pelunasan dengan nilai bervariasi.

Kasus penipuan ini sudah dilaporkan ke Polda Jateng pada tahun Maret 2019, bahkan RBW sudah ditetapkan sebagai tersangka pada Juli 2019, namun sampai saat ini belum ada progres kasus,” kata Supradi saat bertemu media di Mapolsek Bendosari Sukoharjo, Senin (23/9).

Tahun 2016, Supradi menguruskan proses jual beli, perijinan untuk didirikan pabrik, hingga memfasilitasi dengan investor yakni RBW.

Ternyata RBW malah mangkir dan kabur, sementara Supradi sudah mengeluarkan uang sebanyak Rp6,5 miliar untuk DP dan pengurusan ijin.

Senin siang tersebut, Supradi didampingi pengacaranya Badrus Zaman SH mendatangi Polsek Bendosari untuk menyaksikan tim penyidik dari polda memeriksa sejumlah pemilik tanah.

Badrus Zaman SH menyayangkan pihak kepolisian belum melakukan penahanan RBW, padahal statusnya sudah jadi tersangka.

Bahkan informasinya ada sertifikat yang telah digadaikan di Bank Muamalat Surakarta, untuk modal usaha sebesar Rp75 Milyar," kata Badrus.

Dia menambahkan, pemberkasan kasus ini sudah hampir dilimpahkan ke pengadilan, hanya tinggal melengkapi beberapa berkas.

"Kami kesini untuk memenuhi rekomendasi dari Kejaksaan untuk memperoleh keterangan dari petani selaku pemilik tanah," imbuhnya.

Semantara itu, Kapolsek Bendosari, AKP Zunaidi menambahkan kasus ini sepenuhnya ditangani oleh Polda Jateng, Polsek Bendosari hanya dipinjami tempat untuk pemeriksaan saksi. [hen]

Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00