Jelang HUT TNI Ke-74, Panglima TNI Gelar Ziarah Ke Makam Soeharto

Nusantara  KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 12:35:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Jelang HUT TNI Ke-74, Panglima TNI Gelar Ziarah Ke Makam  Soeharto
RMOLJateng. Rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-74 TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah kubur ke makam Presiden ke-2 RI Soeharto. Setelah sebelumnya juga berziarah ke makam Presiden pertama RI, Ir Soekarno atau Bung Karno, dan juga berziarah ke makam Gus Dur.

Panglima TNI bersama rombongan transit di  Wisma Lerem selama 30 menit sebelum melakukan ziarah ke cungkup Argosari dimana presiden Soeharto di makamnkan bersama keluarga besarnya.

Hadir mendampingi Panglima TNI,  KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, sedangkan KSAD Jenderal Andika Perkasa diwakilkan Aster KSAD Mayjen Bakti Agus Fadjari.

Sedangkan dari Jawa Tengah hadir  Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Termasuk Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.

Setelah beristirahat sejenak, rombongan segera masuk ke dalam makam, untuk mengelar doa bersama, dan prosesi pengalungan rangkaian bunga melati dan tabur bunga di makam Soeharto.

Tidak ada pertanyaan rasmi dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terkait kunjungannya ke Giribangun. Keterangan singkat hanya disampaikan Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama, Mayor Inf Mantang yang menyebut kehadiran orang nomor satu di jajaran TNI ini untuk berziarah sebagai rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-74.

"Ini merupakan tradisi rutin jelang HUT TNI, berziarah ke makam mantan presiden yang sudah wafat dan juga ke makan Jendral Besar Soedirman," jelas Manyor Inf. Mantang, Kamis (19/9).

Ditambahkan Mantang, usai berziarah ke Mangadeg, perjalanan rombongan akan bergeser menuju Yogyakarta untuk  melanjutkan ziarah ke makam Jenderal Besar Soedirman yang berada di TMPN Kusumanegara.

Terpisah Kepala Pelaksana Astana Giri Bangun, Sukirno, mengatakan jajaran TNI rutin setiap tahunnya melakukan ziarah ke makam Soeharto.

"Prosesi didalam (cungkup Argosari) adalah doa bersama dan menabur bunga di makam pak Soeharto, ibu Tien dan juga orang tua Ibu Tien," pungkas Sukirno. [jie]





Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00