Mau Nabung ? Jangan Tergiur Suku Bunga Tinggi, Periksa Dulu Penjaminnya

Ekonomi  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 10:35:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Mau Nabung ? Jangan Tergiur Suku Bunga Tinggi, Periksa Dulu Penjaminnya
RMOLJateng. Masyarakat dihimbau untuk lebih cermat dalam memilih bank saat hendak menabung. Terlalu besar resikonya jika tidak tepat menentukan bank untuk menabung.

Sekretaris LPS, Muhamad Yusron, mengatakan bank dengan suku bunga yang dinilai tidak masuk akal bukan merupakan bagian jaminan LPS.

Suku bunga bank yang sesuai ketentuan LPS yakni suku bunga bank harus maksimal 6,75 persen untuk Bank Umum dan 9,25 persen untuk BPR.

"Banyak nasabah nantinya tidak bisa menerima klaim LPS apabila bank tempat menabung bermasalah. Sampai tahun ini, sebanyak 1 bank umum dan 90 BPR yang ditutup izinnya," kata Yusron, Rabu (18/9).

Yusron menyatakan pembayaran klaim LPS dilakukan sangat lancar. Namun, lanjutnya, ada beberapa klaim yang tidak dibayarkan lantaran suku bunga yang terlalu tinggi melebihi ketentuan LPS.

Lebih jauh, terang Yusron, penyebab klaim tidak layak bayar karena adanya praktek perbankan tidak sehat. Sehingga, kinerja keuangan bank menjadi buruk lantaran suku bunga tidak memenuhi standar sesuai ketetapan LPS.

Selain itu suku bunga tinggi, penyebab klaim nasabah masuk dalam kategori tidak layak bayar LPS, yakni karena bank mempunyai kredit macet serta bisa juga karena data nasabah tidak masuk pembukuan bank.

Terakhir, Yusron mengingatkan masyarakat agar meneliti terlebih dahulu kepesertaan bankndalam LPS. Biasanya, tutup dia, terdapat stiker atau informasi terkait hal itu di bank tersebut. [jie]





Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00