Difabel Blora Tuntut Pemkab Bangun Akses Jalan Di Pasar Rakyat

Daerah  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 20:22:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Difabel Blora Tuntut Pemkab Bangun Akses Jalan Di Pasar Rakyat
RMOLJateng. Pasar rakyat Sido Makmur yang menjadi kebanggaan warga Blora mendapat keluhan dari para penyandang disabilitas. Pasar yang baru diresmikan Januari lalu oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho  dinilai tidak ramah bagi penyandang disabilitas.

Sebagai bentuk protes atas bangunan itu, para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Difabel Blora Mustika (DBM), menggelar aksi protes dengan melemparkan sejumlah alat bantu, seperti kaki palsu, tangan palsu hingga kursi roda ke dalam pasar, Senin (16/9) sore.

Mereka meminta agar dibuatkan jalur khusus bagi penyandang disabilitas.

"Kami berharap Pasar Sido Rakyat Makmur dibangun akses untuk disabilitas. Tidak hanya pasar, kalau bisa semua bangunan yang belum ramah disabilitas, dibuat jadi ramah disabilitas," kata Abdul Ghofur, ketua DBM.

Selain melemparkan sejumlah alat bantu, mereka juga membentangkan tulisan yang ditujukan kepada Presiden Jokowi dan Bupati Blora agar lebih mempedulikan kaum disabilitas.

"Kami hanya ingin keberadaan kami diketahui. Tolong lebih peduli kami, bangun akses yang ramah buat kami," tegasnya.

Keluhan atas bangunan Pasar Sido Makmur sudah cukup lama disuarakan DBM. Namun,.Sejauh ini tidak ada langkah nyata dari pemerintah .

Sememtara itu, kepala Pasar Rakyat Sido Makmur, Nur Aminudin saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan jika kewenangan membuat akses bagi penyandang disabilitas ada di Kantor Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM).

"Itu kewenangannya di dinas mas, kita hanya menjalankan saja. Kalau dinas nyuruh dibuat, kita akan jalankan," katanya. [jie]




Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00