Antasari Azhar : KPK Musti Profesional, Disiplin Dan Akuntanble

Nusantara  SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Antasari Azhar : KPK Musti Profesional, Disiplin Dan Akuntanble
RMOLJateng. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK), Antasari mengaku prihatin dengan sikap pimpinan lembaga anti rasuah yang kemarin telah mengembalikan mandat ke Presiden Jokowi. 

Pengembalian mandat tersebut sebagi  imbas ramainya polemik Revisi Undang-Undang KPK yang disetujui DPR dan pemerintah. Menurut Antasari seharusnya pimpinan  tetap bertanggung jawab menjaga amanahnya.

"Mereka harus untuk bertanggung jawab (sampai tuntas)  karena mereka sudah dipilih," jelasnya kepada RMOLJateng, Sabtu (14/9) siang.

Ditambahkan Antasari, KPK musti profesional, disiplin, akuntanble. Bagaimana sekarang bisa disebut akuntanle kalau lari dari tanggungjawab (pengembalian mandat).

Sementara itu terkait adanya revisi UU terkait KPK menurut Antasari  itu bagus. Dirinya setuju dan mendukung keputusan Presiden Jokowi yang  sudah menegaskan tidak ada SP3 ada dewan pengawas, penyadapan tetap.

Antasari juga menegaskan bahwa penyadapan memang masih diperlukan. Namun penyadapan tetap harus diawasi oleh dewan pengawas.

"Dimana lemahnya, tetap (seperti sebelumnya). Prinsip saya adalah (waktu dulu memimpin KPK) saya tidak perlu UU yang bagus. Yang penting 10 penegak hukum yang bagus saya siap," tandasnya.

Diketahui sebelumnya Ketua KPK Agus Rahardjo bersama Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan La Ode menyerahkan mandat kepada Presiden Jokowi. Langkah tersebut diambil menyusul sikap  pemerintah dan DPR yang menyetujui adanya Revisi Undang-Undang KPK. [jie]





Komentar Pembaca
Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00