Kemen PUPR Sebar 1000 Mesin Pencacah Plastik Untuk Pemulung Dan Bank Sampah

Nusantara  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 15:27:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Kemen PUPR Sebar 1000 Mesin Pencacah Plastik Untuk Pemulung Dan Bank Sampah
RMOLJateng . Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagikan 1000 mesin pencacah plastik. Tahap awal diserahkan sebanyak 150 mesin, untuk Jawa Tengah dipilih Semarang, Surakarta, Purwokerto dan Jogjakarta.

"Kementrian PUPR ingin turut serta memberi solusi masalah lingkungan, khususnya penangganan sampah plastik," kata Ir Sudirman, Staf ahli bidang sosial budaya dan peran masyarakat, Kementrian PUPR, Selasa (10/9).

Mesin akan diberikan pada kelompok usaha pemulung atau bank sampah, melalui Dinas Lingkungan Hidup masing-masing daerah. Untuk kemudian diolah dan hasilnya memiliki nilai ekonomis lebih, sebagai biji plastik.

Sudirman juga mengatakan, pemberian mesin pencacah plastik yang diberikan pada masyarakat juga akan disinergikan dengan program aspal jalan Kementrian PUPR melalui Dirjen Bina Marga.

"Nanti hasilnya akan dibeli kembali oleh Bina Marga sebagai campuran aspal. Jadi nilai ekonomis dan manfaatnya bisa maksimal," kata Sudirman.

Pada kesempatan yang sama Ahmad Cahyadi, kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Semarang, Dirjen Bina Marga, Kementrian PUPR, menanggapi positif pemanfaatan limbah plastik menjadi campuran aspal.

"Aspal dengan campuran biji plastik sudah sukses diujicobakan di Jogjakarta dan Semarang, daerah Candi. Setiap 1 km dengan lebar 7 meter membutuhkan 3 ton biji plastik. Jadi permintaan cukup tinggi seiring pembangunan infrastruktur," kata Ahmad.

Penyerahan mesin pencacah plastik untuk DLH Jogjakarya, Surakarta dan Kabupaten Semarang, dilaksanakan di Alila Hotel, Solo. Ditandai penandatanganan hibah dan kerjasama.

Jumlah mesin yang diterima Purwokerto 16 mesin, Jogjakarta 6 mesin, Solo 5 mesin dan Semarang 5 mesin. Jumlah tersebut bisa bertambah seauai hasil evaluasi. [jie]








Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00