Yoyok Priyambodo Kembali Ajarkan Tari Di Luar Negeri

Budaya  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 13:54:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Yoyok Priyambodo Kembali Ajarkan Tari Di Luar Negeri
RMOLJateng. Seniman kenamaan asal Semarang, Yoyok Bambang Priyambodo, kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam dunia tari di kancah internasional.

Pengasuh Sanggar Greget Semarang itu, saat ini diminta oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Praha, Republik Ceko, mengajar kesenian tradisi tari dan gamelan.

Yoyok mengaku dirinya sangat antusias dalam kegiatan tersebut karena dapat memperkenalkan kesenian milik Nusantara. Menurutnya, kesempatan ini tak bisa disepelekan lantaran banyak orang dari negara lain yang menyukai kesenian Indonesia.

"Tentu ini bentuk kerjasama yang menarik antara seniman dengan pemerintah. Karena dapat bersinergi mengenalkan budaya kita kepada orang luar negeri. Jika kegiatan semacam ini konsisten akan semakin besar kita di mata dunia," kata Yoyok saat dikonfirmasi, Selasa (10/9).

Yoyok menambahkan dalam program itu para peserta diajarkan kesenian Karawitan dengan materi Lancaran Manyar Sewu, Gangsaran, dan komposisi Sekati.

"Selain itu ada juga materi tari untuk putri. Ada beberapa koreografi yang saya ajarkan. Sementara sedang latihan. Nanti jika sudah selesai akan kita gelar bersama," tambahnya.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Praha, Kenssy D. Ekaningsih, mengatakan program ini diupayakan sebagai promosi pariwisata, seni dan budaya Indonesia di Praha.

Dia merasa senang, antusiasme masyarakat Praha dan Indonesia yang berada di Praha sangat besar untuk mempelajari kesenian adiluhung tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi kinerja seniman dalam mengenalkan dan mengajarkan kesenian tradisi di sini. Agar Indonesia semakin dikenal dari sisi budaya dan pariwisata," katanya. [jie]



Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00