Hadapi Era Society 5.0, HAFECS Bekali Ribuan Guru Di Jateng

Pendidikan  SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 12:38:00 WIB | LAPORAN: BAKTI BUWONO

Hadapi Era Society 5.0, HAFECS Bekali Ribuan Guru Di Jateng
RMOLJateng. Para guru harus siap menghadapi era society 5.0 dan terus mengembangkan kemampuannya.

Karena itulah, Highly Functioning Education Consulting Services (HAFECS) menggelar serangkaian tour pelatihan bagi guru di Jawa Tengah.

Zulfikar Alimuddin, direktur HAFECS menjelaskan bahwa tour Jawa Tengah ini adalah bagian dari serangkaian tour lembaganya ke 125 titik di Indonesia pada tahun 2019.

Program pelatihan yang diberikan diantaranya; 'School Leader Gathering' bagi para kepala sekolah, 'Hafecs Class dan 'Forum Guru Inovatif' bagi para guru.

"Jawa Tengah adalah pilihan prioritas kami dalam mengenalkan metode baru dalam pembelajaran. Keterkaitan Higher Order Thingking Skill (HOTS) dengan Pedagogical Content Knoewledge (PCK) dan Teaching Mastery Framework (TMF) adalah materi baru yang kami sajikan dalam setiap pelatihan," kata Zulfikar yang juga direktur Global Islamic Boarding School (GIBS) Banjarmasin di UIN Walisongo, Senin (2/9/2019)

Kegiatan tersebut berlangsung sejak 26 Agustus hingga 1 September 2019 di beberapa kota antara lain; Kota Semarang, Kota dan Kabupaten Pekalongan, Kota dan Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes.

Pelatihan yang diberikan melibatkan ribuan guru dari beberapa wilayah tersebut.

Lebih lanjut William, deputy director HAFECS menuturkan bahwa tour Jawa Tengah kali ini berlangsung melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Lalu juga organisasi kemasyarakatan, antara lain dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah XI dan XII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal dan Brebes, dan LP Ma'arif NU disetiap kabupaten dan kota.

"Antusiasme guru di Jawa Tengah begitu luar biasa. Terbukti pada 10 even yg kami adakan dibanjiri ratusan kepala sekolah dan guru di setiap kotanya," tutur Williams.

Sudoro, kepala bidang tenaga pendidik dan kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menyambut baik hadirnya program-program HAFECS di Jawa Tengah.

Menurutnya, HAFECS menawarkan beragam program yang sangat penting bagi peningkatan kompetensi para guru menyongsong era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

"Guru-guru kita harus dibekali pengetahuan yang otoritatif dalam membangun kapasitas pribadinya agar berani bersaing didunia Internasional. Sehingga tidak lagi hanya sebagai bangsa penonton," ujar Sudoro.

Indrayanti, kepala sekolah SMK N 2 Tegal yang juga peserta pelatihan menanggapi positif program-program HAFECS.

Menurutnya, selain peningkatan kapasitas guru juga penting untuk memperbaiki sistem tata kelola lembaga pendidikan.

Sekolah sebagai medium pencetak generasi penerus harus terus berbenah agar mampu bersaing dan menghasilkan lulusan yang ideal.

"Saya merasa beruntung bisa mengenal dan mengikuti program pelatihan HAFECS, sehingga ada bekal bagi kami para kepala sekolah untuk belajar memperbaiki kualitas managemen sekolah," pungkas Indra. [jie]

Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00