Terus Desak Kejagung Usut Tuntas Kasus Suap Oknum Jaksa, MAKI Gelar Parodi

Hukrim  SELASA, 20 AGUSTUS 2019 , 16:30:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Terus Desak Kejagung Usut Tuntas Kasus Suap Oknum Jaksa, MAKI Gelar Parodi
RMOLJateng. Terus mendesak pihak berwajib untuk menuntaskan kasus dugaan suap dalam penuntutan terdakwa Kepabeanan Surya Soedharma alias Lie Tjiek Jauw, Masyarakat Anti Korupsi Indonesi (MAKI) menggelar parodi yang langsung disaksikan masyarakat.

Parodi atas dugaan penyerahan suap tersebut digelar di Stasiun Tawang, Semarang. Koordinator Maki, Boyamin Saiman, mengatakan pihaknya ingin agar aparatur penegak hukum terus ingat akan tugasnya dan menuntaskan perkara ini.

"Kami ingin agar Kejaksaan Agung untuk memeriksa semua pihak yang terlibat dalam dugaan suap ini. Parodi ini kami gelar untuk mengingatkan Kejagung," kata Buyamin, Selasa (20/8).

Boyamin menerangkan, parodi itu menggambarkan dugaan suap yang dilakukan oleh orang suruhan Surya yang memberikan uang sebesar 250 ribu dolar singapura. Uang tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada beberapa oknum terkait perkara itu.

"Ada dua adegan. Pertama di stasiun Tawang Semarang. BT yang keluar dari stasiun langsung memberikan uang 250 ribu kepada L. Setelah itu, oleh L uang dibagi-bagikan kepada beberapa orang di salah satu restoran di Semarang," terangnya.

Dalam adegan tersebut, Boyamin Saiman juga datang menemui L dan diberi sejumlah uang. Namun, Boyamin menolak pemberian uang tersebut.

Boyamin berharap, kasus ini dapat diusut secara tuntas. Dia juga mendesak kepada aparat penegak hukum supaya tidak ada masalah suap kepada oknum lagi.

Dugaan suap terjadi saat proses penuntutan terhadap Surya Soedharma oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah ke Pengadilan Negeri Semarang.

Terdakwa dituntut jaksa setahun dengan masa percobaan dua tahun, namun  Pengadilan Negeri (PN) Semarang mengganjar dengan pidana penjara dua tahun.

Pidana ini sesuai Pasal 103 UU Kepabeanan yang mensyaratkan untuk menghukum terdakwa minimal dua tahun. [jie]





Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00