Student Vaganza UNS Raih Rekor LEPRID Aksi Kebangsaan Mahasiswa Terbesar

Pendidikan  MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 14:17:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Student Vaganza UNS Raih Rekor LEPRID Aksi Kebangsaan Mahasiswa Terbesar
RMOLJateng. Student Vaganza dalam program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2019 memecahkan Rekor Indonesia LEPRID.

Yakni rekor untuk aksi kebangsaan terbesar yang melibatkan jumlah mahasiswa terbanyak, tercatat ada 8.639 mahasiswa yang melakukan aksi di GOR UNS, Solo, Minggu (18/8).

"Tujuan aksi ini untuk menanamkan dan menggelorakan semangat kebangsaan para mahasiswa, lalu mendeklarasikan penegakan ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, serta menyebarkan semangat kebangsaan kepada seluruh mahasiswa dan pemuda di seluruh Indonesia," kata Ketua Gerak Cinta Merah Putih (GCMP), Maria Arbanu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Sosialisasi Aksi Kebangsaan Mahasiswa UNS dengan mengangkat tema 'Tangkal Radikalisme, Tegakkan Pancasila', yang digelar merangkai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Dalam acara Student Vaganza PKKMB UNS ini akan digelar aksi peluncuran lagu 'Pancasila Jiwa Kita' karya Team GCMP, kemudian digelar yel-yel dan pantomim kebangsaan dengan tema 'Pancasila Jiwa Kita' bersama seluruh mahasiswa baru UNS tahun 2019 yang berjumlah 8.639 orang.

Kemudian terdapat juga aksi gerakan moral kebangsaan dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74.  

Ada tiga pesan yang disampaikan Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho pada mahasiswa baru, yakni Inovate or die: kita berinovasi atau mati bersama-sama, Tolerance and Respect terhadap semua keberagaman yang kita miliki di kampus ini dan Jangan pernah berhenti bangga menjadi diri kita sendiri sebagai sebuah identitas kolektif dari sebuah bangsa yang bernama Indonesia.

Sesuai temanya, diharapkan juga mampu menangkal radikalisme dikampus serta mampu menumbuhkan jiwa kebangsaan di kalangan mahasiswa,” pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00