8.639 Maru UNS Buat Aksi Gerakan Moral Kebangsaan Dengan Bahasa Isyarat

Pendidikan  MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 13:28:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

8.639 Maru UNS Buat Aksi Gerakan Moral Kebangsaan Dengan Bahasa Isyarat
RMOLJateng. Student Vaganza dalam program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 2019 diselenggarakan pada Minggu (18/8)  di Stadion UNS.

Rektor UNS Jamal Wiwoho sampaikan mahasiswa yang datang ke kampus UNS ini diharapkan menjadi dinamisator dalam memacu tumbuhnya inovasi-inovasi baru, yang akan  membawa bangsa ini segera sejajar dengan negara Jepang, dengan bangsa Korea Selatan yang selalu berinovasi dengan Samsung nya dan ekonomi kreatifnya.

"Karena kedepan kota menyongsong tantangan baru, bonus demografi pada penduduk usia produktif adalah kapital SDM yg musti kita kelola dengan baik," jelas Jamal dalam sambutannya, Minggu (18/8). 

Jamal juga mengajak semuanya segera tinggalkan pemikiran-pemikiran sempit - radikal, pemikiran yang selalu merasa dirinya paling benar sendiri, yang bertentangan dengan Pancasila dan hakekat kerukunan umat manusia.

Selesai membacakan sambutannya Rektor UNS Jamal Wiwoho secara simbokis memakaikan mahkota (maskot) seperti milik tokoh pewayangan pada dua perwakilan mahasiswa baru UNS untuk menandai berakhirnya masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung  selama 6 hari yaitu mulai Selasa (13/8)- Minggu (18/8).

Student Vaganza ini memecahkan Rekor Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID) untuk untuk aksi kebangsaan yang melibatkan jumlah mahasiswa terbanyak 8.639 mahasiswa. 

Dalam Student Vaganza ini juga dilakukan aksi gerakan moral kebangsaan dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74.  Untuk  menanamkan dan menggelorakan semangat kebangsaan para mahasiswa.

Dalam acara Student Vaganza PKKMB UNS ini akan digelar aksi peluncuran lagu Pancasila Jiwa Kita” karya Team GCMP, kemudian digelar yel-yel dan pantomim kebangsaan dengan tema Pancasila Jiwa Kita” bersama seluruh mahasiswa baru UNS tahun 2019 yang berjumlah 8.639 orang.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof Ahmad Yunus sangat memberikan apresiasi untuk gelaran Student Vaganza PKKMB UNS tahun 2019.

Semoga melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat kebangsaan untuk mahasiswa baru UNS.

Ya sesuai temanya, diharapkan mampu menangkal radikalisme dikampus serta mampu menumbuhkan jiwa kebangsaan di kalangan mahasiswa,” pungkas Prof Yunus. [jie]






Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00