Sambut Idul Adha, Ribuan Santri PP Askhabul Kahfi Pawai Obor

Nusantara  SABTU, 10 AGUSTUS 2019 , 22:34:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Sambut Idul Adha, Ribuan Santri PP Askhabul Kahfi Pawai Obor
RMOLJateng. Ribuan santri Pondok Pesantren (PP) Askhabul Kahfi di Mijen, Semarang, menggelar pawai obor menyambut Idul Adha 1940 Hijriah.

Tak tanggung-tanggung, para santri membawa sedikitnya 1001 obor untuk menggelar takbir keliling tersebut.

Pengasuh PP Askhabul Kahfi, KH Masruchan Bisri, menerangkan pengasuh PP Ashka, tujuan dari pawai Obor ini adalah sebagai syiar Islam.

"Kami ingin mengenalkan bahwa Islam adalah agama yang damai dan, sejuk," kata dia, Sabtu (10/8) malam.

Sementara itu, koordinator panitia yang juga Lurah PP Askhabul Kahfi, M Rigza Saputra, mengatakan tujuan acara ini selain dalam rangka menyambut hari besar Islam, Idhul Adha, juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya Obor/oncor yang semakin ditinggalkan.

"Kami mengajak sedikitnya 2400 santri untuk merayakan Idhul Adha tahun ini. Kami ingin juga mengajak para santri untuk kembali mengenali budaya takbiran menggunakan obor," terangnya.

Rigza menambahkan, dalam pawai obor tersebut rombongan melintasi rute dari Kampus 3 PP Askhabul Kahfi kemudian menuju ke Polaman lalu mengarah ke Kuncen setelah itu ke Bubakan hingga akhirnya kembali lagi ke PP Askhabul Kahfi melalui Karang Malang.

Selain itu, kata dia pada gelaran pawai tahun ini, pihaknya juga melibatkan maskot tim sepak bola kebanggan Kota Semarang PSIS, Mahesa Jenar.

"Ini kali kedua kami menggelar acara semacam ini. Setelah balik, peserta akan mengikuti acara makan bersama diiringi Pesta Kembang Api," imbuhnya. 

Salah satu santri peserta pawai, Ma'ruf Aditya (16) mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Baginya, rasa lelah tak terasa meskipun menempuh 2,5 km.

Dalam rangkaian memperingati Hari Raya Idul Adha tahun ini, PonPes juga menyembelih 3 sapi dan 4 kambing yang akan dilakukan setelah sholat Idul Adha. [jie]





Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00