RS UNS Buka Layanan Vaksin Meningitis

Kesehatan  JUM'AT, 02 AGUSTUS 2019 , 18:45:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

RS UNS Buka Layanan Vaksin Meningitis
RMOLJateng. RS UNS secara resmi membuka layanan vaksinasi meningitis, yakni vaksin yang wajib dilakukan bagi yang akan bepergian di negara negara Timur Tengah.

Di Sukoharjo RS UNS menjadi rumah sakit kedua setalah RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo.
 
Kami bangga disahkan membuka layanan vaksin meningitis dan berhak mengeluarkan ICV (International Certificated Vactination). Diantaranya vaksin wajib bagi peserta haji, umroh dan siapa saja yang mau bepergian ke negara Timur Tengah,” kata Prof dr Zainal Abidin Adnan, direktur RS UNS, saat peresmian ruangan vaksin, di RS UNS, Pabelan, Sukoharjo, Jumat (2/8).
 
Ruang vaksin diresmikan langsung oleh Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)  Badar Kirwono, didampingi  Prof dr Zainal Abidin, Kepala DKK Sukoharjo dr Yunia Wahdiati, pejabat terkait, juga sejumlah biro travel dan perjalanan.
 
Layanan vaksin dibuka setiap hari dengan biaya sebesar Rp 305 ribu, sudah mendapatkan ICV atau sertifikat yang menunjukkan sudah pernah mendapatkan vaksin, dengan masa berlaku selama 2 tahun.
 
Sekaligus kita terus sosialisasi ketentuan vaksin bagi warga yang akan melakukan perjalanan keluar negeri. Karena negara satu dan lain ketentuan vaksinya berbeda,” kata Badar.
 
Untuk negara Timur Tengah wajib memiliki sertifikat vaksin meningitis, untuk negara Afrika yang diwajibkan vaksin yellow fever. Juga beberapa vaksin lain di negara lain (pneumonia, tifoid, hepatitis dll).
 
Kepala DKK Sukoharjo, dr Yunia Wahdiati mengatakan, keberadaan RS UNS yang bisa melayani vaksinasi meningitis, hingga memudahkan warga Sukoharjo dalam melakukan vaksinasi.
 
Temuan kasus meningitis belum ada, namun kita sudah melakukan berbagai antisipasi dengan kerjasama berbagai rumah sakit, termasuk mendorong banyak rumah sakit bisa memberikan layanan khusus vaksin seperti di RS UNS,” kata Yunia. [hen]

Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00