Evaluasi Pemilu, Banyak TPS Belum Ramah Disabilitas

Politik  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 13:12:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Evaluasi Pemilu, Banyak TPS Belum Ramah Disabilitas
RMOLJateng. Perwakilan disabilitas Sukoharjo memprotes sebagian besar TPS (tempat pemungutan suara) tidak ramah disabilitas.

Sejumlah disabilitas merasa kesulitan mengakses saat melaksanakan haknya.

Seperti protes yang disampaikan Budi Yudoyono, LSM Bina Akses, saat evaluasi fasilitas kampanye pemilu 2019, yang digelar KPU Sukoharjo di Wisma Boga Sukoharjo, Kamis (1/8).

"Banyak disabilitas yang mengaku kesulitan akses di TPS. Jadi cenderung menghambat karena waktunya jadi lama. Kami berharap pemilu mendatang diperhatikan dan disediakan akses untuk disabilitas," katanya.

Evaluasi fasilitas kampanye Pemilu digelar KPU Sukoharjo dengan mengundang tokoh masyarakat, perwakilan partai dan organisasi masyarakat.

Ikhsan dari Perindo juga menyampaikan uneg unegnya karena selama kampanye ia merasa kesulitan mendapat lokasi yang strategis.

"Sebagai partai baru kami merasa dikesampaingkan, kita tidak bisa mendapat ijin kampanye ditempat strategis. Kami harap kami mendapat perlakuan yang sama," tandas Ikhsan.


Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto mengaku, berusaha proaktif dalam memantau dan mengawasi pelaksanaan kampanye pemilu.

Menjawab minim akses disabilitas, Suci Handayani, komisioner KPU Sukoharjo, mengakui agak kesulitan menerapkan TPS sesuai aturan karena situasi dan kondisi wilayah yang berbeda beda.

"Memang banyak TPS yang belum standart ketentuan, masukan akses disabilitas akan kita jadikan evaluasi dan masukan untuk pelaksanaan pemilu kedepan," kata Suci.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menambahkan, hasil evaluasi dan masukan dari masyarakat akan dikirim ke KPU Provinsi dan KPU Pusat. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00