Dianggap Tak Layak Jalan, Bentor Akan Diganti Bajaj

Daerah  SELASA, 23 JULI 2019 , 17:29:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Dianggap Tak Layak Jalan, Bentor Akan Diganti Bajaj
RMOLJateng. Isu kebijakan Dishub Purworejo yang akan mengganti bentor dengan kendaraan roda tiga sejenis bajaj diakui kebenarannya oleh Kadishub Agus Budi Supriyanto.

Dengan alasan bahwa kebutuhan dasar dan keselamatan publik harus terlayani dengan baik, pihak Dishub telah menyosialisasikan wacana tersebut.

"Kami sudah mencari referensi dan studi banding ke Cilacap. Di sana, sudah berhasil mengganti bentor ke bajaj dengan merk TVS," jelas Agus Budi di kantornya siang ini.

Pihaknya, lanjut Agus, sudah menyosialisasikan wacana tersebut kepada para pemilik bentor. Cepat atau lambat, bentor pasti akan ditindak oleh penegak hukum, karena memang tidak laik jalan karena tidak diuji KIR.

"Untuk bisa uji KIR, harus disertai dengan serut yang hanya dipunyai oleh Kemenhub. Dari sisi kemaanan,  bentor juga tidak memenuhi standar. Bentor bisa melaju 40-50 km/jam dengan sistem rem yang belum sesuai standar teknisnya," kata Agus Budi.

Para pengemudi bentor juga diminta tidak perlu resah, ini baru wacana dan tahap sosialisasi. Kebijakan itu pun didasari supaya kendaraan mereka memenuhi asas kenyamanan dan regulasi angkutan umum.

"Kami pernah mengundang Heri Priyantono (pembina paguyuban penngemudi bentor) untuk sosialisasi. Respon mereka juga baik. Dalam waktu dekat kami akan adakan sosialisasi dengan mengundang Dishub Cilacap, penyedia kendaraan, best practice pengemudi bentor yg telah beralih ke bajaj serta wartawan," kata Agus Budi.

Jika nanti wacana penggantian bentor jadi dilaksanakan, maka anggota paguyuban bentor yang akan diutamakan untuk membeli bajaj. Di Purworejo dan sekitarnya, ada sekitar 460 pengemudi bentor.

Sementara itu, pembina Paguyuban Pengemudi Becak Motor dan Mesin Purworejo 'KOMPAK', Heri Priyantono menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan sikap menerima atau menolak rencana Pemkab untuk mengganti bentor dengan bajaj.

"Kemarin kami memang mengadakan silaturahmi dengan anggota resmi yang berjumlah 200 pengemudi bentor. Agendanya hanya penataan organisasi, tidak ada pernyataan sikap," kata Heri yang dihubungi melalui pesan singkat. [jie]



Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pembagian Ayam Gratis

Pembagian Ayam Gratis

RABU, 26 JUNI 2019 , 11:21:00

Atraksi HUT Bhayangkara ke-73 di Semarang

Atraksi HUT Bhayangkara ke-73 di Semarang

RABU, 10 JULI 2019 , 13:25:00

Semarang Night Carnival 2019

Semarang Night Carnival 2019

RABU, 03 JULI 2019 , 20:26:00