"Awur Bumbu" Dalam Tradisi Apitan Dukuh Lerep Demak

Budaya  MINGGU, 21 JULI 2019 , 19:24:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

RMOLJateng. Ribuan Warga di Dusun Lerep, Desa Bumirejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, mengikuti tradisi Apitan atau sedekah bumi. Dalam tradisi tahunan tersebut, Kepala Dukuh, menaburkan bumbu ke setiap makanan yang dibawa warga.

"Ini adalah bagian dari Dukuh Lerep yang sudah turun temurun kami lakukan saat bulan apit. Dengan harapan, kami ingin warga semua guyup rukun demi kesejahteraan bersama," ujar Kepala Dusun, Mat Sokip, Minggu (22/7) sore.

Diawali dengan doa bersama dari seorang tokoh agama dusun, seluruh warga secara khusuk menggelar tahlilan di halaman rumah kepala desa setempat. Usai bersholawat, setiap warga menumpah makanan yang dibawanya ke daun pisang.

"Dulu saat kecil saya diajak orang tua dan sekarang alhamdulillah tradisi ini masih dilestarikan. Kami warga berharap desa ini semakin makmur dan rejeki berlimpah," ujar Ida, salah seorang warga.

Dalam tradisi apitan di Dusun Lerep, ada yang unik yakni tradisi 'awur bumbu'. Bumbu di sini yakni berupa suwiran (potongan) daging ayam, daging kambing, dan sayuran yang ditaburkan di atas makanan yang sudah tersaji di atas daun pisang.

"Awur bumbu ini bermaksud agar tidak ada perbedaan satu sama lain. Semua satu rasa dan satu hidangan," kata Kepala Desa Bumirejo, Joko Sulistio.

Usai doa dan makan bersama, tradisi apitan dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit semalam suntuk. [jie]







Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

Festival Audisi Tari Ratoh Jaroe

MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:37:00