IVA Test Positif ? BPJS Kesehatan Menjamin Krioterapi Di Puskesmas Halmahera

Kesehatan  KAMIS, 18 JULI 2019 , 18:25:00 WIB | LAPORAN: BAKTI BUWONO

IVA Test Positif ? BPJS Kesehatan Menjamin Krioterapi Di Puskesmas Halmahera
RMOLJateng. Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker yang banyak diderita wanita.

Salah satu cara mendeteksinya adalah melalui pemeriksaan IVA/Papsmear dan masuk dalam program Jaminan Kesehatan Nasional â€" Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Asri Wulandari Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Semarang, menyatakan alur pelayanan IVA/papsmear peserta JKN-KIS bisa datang di FKTP terdaftar.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan juga menilai faktor risiko peserta. Jika peserta memiliki indikasi medis dan faktor risiko maka dokter FKTP akan memberi surat pengantar skrinning kepada peserta untuk melakukan IVA/Papsmear.

"Untuk pemeriksaan IVA hanya bisa dilakukan  di FKTP yang memiliki dokter atau bidan yang telah memiliki sertifikasi kompetensi pemeriksaan IVA, sedangkan papsmear bisa dilakukan dengan Laboratorium yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan” katanya, Kamis (18/7/2019)

Pemeriksaan IVA/ Papsmear yang dijamin oleh BPJS Kesehatan dengan ketentuan, Pertama, dilakukan dengan frekuensi 1 (satu) kali setahun.

Syaratnya,  mengisi surat pernyataan belum skrinning di FKTP/ laboratorium tempat melaksanakan IVA/Papsmear.

Kedua, Jika hasil pemeriksaan IVA/Papsmear negatif maka pemeriksaan IVA/Papsmear dapat dilakukan pada 3 tahun berikutnya.

Ketiga, Jika hasil IVA/Papsmear positif,, maka pemeriksaan IVA/ Papsmear selanjutnya dapat dilakukan pada tahun berikutnya.

"Dan peserta akan diberikan surat rujukan untuk memperoleh pelayanan krioterapi di FKTP yang berkompeten," jelasnya.

Krioterapi yang merupakan  kelanjutan tindakan bagi pasien dengan hasil pemeriksaan IVA positif merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang bisa dibiayai oleh BPJS Kesehatan.

Sebenernya jika melihat hasil IVA positif tidak berarti serta merta langsung dilakukan tindakan krioterapi. Tentunya perlu dikonsulkan lagi ke dokter di Puskesmas . terkadang hasil iva tersebut bisa berubah yang semula positif ketika kami lakukan pengecekan ulang IVA  ternyata hasilnya menjadi negatif," ucap Tri Suksesi selaku Bidan dan Koordinator RB Puskesmas Halmahera Semarang.

Tri Suksesi menambahkan pemeriksaan ulang perlu dilakukan karena ada beberapa kondisi ketika pasien dilakukan pengecekan IVA sebelumnya ternyata sedang mengalami servisitis (peradangan yang terjadi pada serviks atau leher rahim).

Karena IVA positif belum tentu kanker serviks namun apabila dibiarkan dan tidak ditindaklanjuti maka dapat menyebabkan kanker serviks dalam jangka waktu lama.

Puskesmas Halmahera Semarang sejak Februari 2019, telah aktif memberikan pelayanan Krioterapi dan juga bisa menerima rujukan dari Faskes lain.

Pelayanan Krioterapi sendiri rutin dilaksanakan setiap hari Selasa selama jam pelayanan Puskesmas dan ditangani langsung oleh dokter Sri Windarti yang telah memiliki sertifikasi untuk memberikan pelayanan Krioterapi. [jie]





Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00