Cara BI Ajak Siswa Kenali Rupiah Lewat Kuis Berhadiah

Ekonomi  KAMIS, 18 JULI 2019 , 17:18:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Cara BI Ajak Siswa Kenali Rupiah Lewat Kuis Berhadiah
RMOLJateng. Ada yang menarik di gelaran Semarang Asean Festival 2019. Acara yang digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang itu memiliki banyak booth menarik bagi siswa sekolah dan masyarakat Semarang.

Salah satunya, Booth Departemen Pengelolaan Uang Kantor Pusat Bank Indonesia. Di dalam booth ini terdapat laboratorium mini untuk mengetahui keaslian uang.

Koordinator Booth, Dimas Seto Pujianto, mengatakan terdapat beberapa kegiatan yang disediakan dalam booth tersebut. Kata dia, terdapat ruang mewarnai bagi anak-anak, kemudian laboratorium mini, dan kuis berhadiah.

"Bagi pengunjung yang membawa anak kecil bisa mengajak mereka mewarnai. Kalau yang mau tahu keaslian uang mereka, bisa ke laboratorium mini kami," kata dia, Kamis (18/7).

Menurut Dimas, di Laboratorium mini, pihaknya menggunakan alat bernama Dino-Lite. Alat tersebut, dapat melihat micro text yang tertera dalam uang rupiah.

Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba wawasan mereka mengenai rupiah melalui kuis. Menurut Dimas, dalam satu sesi kuis terdapat 10 pertanyaan tentang uang rupiah.

"Kalau bisa jawab benar semua, pengunjung akan dapat tas ransel atau flashdisk 8 Gb. Jika ada yang salah dari jawabannya, sudah kami sediakan hadiah mulai dari buku cerita hingga kaos," paparnya.

Salah satu pengunjung, Nadilah Rahma, mengaku senang dengan kuis itu. Dia merasa mendapat informasi lebih mengenai uang rupiah yang selama ini dia gunakan.

"Kuisnya seru. Jadi bisa tahu ada banyak hal menarik di dalam uang kita. Saya tadi dapat poch, lumayan untuk tempat alat tulis," kata dia.

Siswi SMA 4 Semarang ini menilai kuis yang diberikan oleh BI sangat menarik dan mendidik. Baginya, jika tidak dikemas demikian, banyak anak muda yang tidak memperhatikan keaslian uang rupiah. [jie]





Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Ngopi Bareng bersama Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/ Diponegoro
Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

Pasar Tunjang Karang Moncol Terbakar

SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 23:04:00

Menolak RUUPKS Di Semarang

Menolak RUUPKS Di Semarang

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 11:52:00