Dinas Pendidikan Kudus Minta PPDB Tingkat SMP Berbasis Zonasi Di Evaluasi

Pendidikan  RABU, 17 JULI 2019 , 10:42:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Dinas Pendidikan Kudus Minta PPDB Tingkat SMP Berbasis Zonasi Di Evaluasi
RMOLJateng. Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus mengusulkan adanya sejumlah evaluasi terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP berbasis zonasi.

Hal tersebut karena dirasa masih ada siswa dari desa tertentu yang kesulitan mendapatkan sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus Joko saat rapat koordinasi dengan Komisi D DPRD Kudus, Rabu (17/7/2019).

Pihaknya mencatat ada beberapa desa yang peserta didiknya kesulitan mendaftar.

"Ini karena kalah bersaing dengan peserta didik lain yang lokasi balai desanya lebih dekat, sedangkan balai desa mereka berada di jarak cukup jauh namun tempat tinggalnya justru berdekatan dengan sekolah yang dituju," katanya.

Untuk penetuan zona dibicarakan di daerah, namun penentuan zona di Kudus ternyata sekolah minta sebanyak-banyaknya desa masuk zona sekolahnya. Hal tersebut berdampak pada siswa dari sejumlah desa bebas mendaftar di mana-mana.

"Seperti di Kecamatan Mejobo banyak peserta didik dari sejumlah desa bebas mendaftar di SMP 1 maupun SMP 2 sehingga daya tampung sekolah dengan lulusan tidak seimbang," katanya.

Ketua Komisi D DPRD Kudus Sayid Yunanta mengungkapkan permasalahan soal PPDB berbasis zonasi perlu diketahui untuk dibawa ke tingkat provinsi. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengadakan konsultais ke Provinsi Jateng.

"Kami ingin mengetahui hal-hal apa yang perlu diperbaiki agar penerimaan siswa baru tahun depan lebih baik," tambahnya. [jie]





Komentar Pembaca
Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

Enceng Gondok Di Sungai Banjirkanal Barat Semarang

KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 17:52:00