Tarian Tori Karya Penari Balet Jepang Bersama 20 Anak Indonesia Pukau Penonton Festival Asian

Budaya  SABTU, 13 JULI 2019 , 22:28:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Tarian Tori Karya Penari Balet Jepang Bersama 20 Anak Indonesia Pukau Penonton Festival Asian
RMOLJateng. Penari balet asal Jepang Shigemi Kitamura mewujudkan mimpinya bisa mencipta tari dan menari bersama anak anak Indonesia.

Tori, karya tari yang khusus diciptakan untuk Festival Asia 2019 yang digelar di Studio Mugi Dance, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (13/7) malam.

"Tarian ini menggambarkan perangai sekawanan burung, lincah dan ceria. Ada 20 anak yang terlibat tarian ini. Kita berlatih seminggu dan bisa mengkolaborasikan tarian Jepang dengan seni Indonesia," kata Shigemi.

Ada benda khusus yang sengaja dibawa Shigemi khusus dari Jepang untuk melengkapi gerakan tariannya, yakni sempritan Jepang.

"Kami ingin sampaikan pesan bahwa dalam berkesenian kita ada persamaan meskipun ada perbedaan budaya, bahasa, negara," imbuh Shigemi.

Ada 10 karya seni yang disajikan dalam Festival Asia kali ini, selain seniman Jepang, juga penampilan seniman Philipina Patrick dan tentunya seniman Indonesia. Seperti Mugiyono Kasido dan tiga putranya yang juga menjejaki sebagai seniman, yakni Mumtaz, Magnum dan Marvel.

Tidak hanya seniman tenar, Festival Asia juga melibatkan warga sekitar. Seperti sajian tari ibu ibu PKK, juga anak anak sekitar.

Puncaknya sajian kolaborasi Mugiyono, Shigemi dan Patrick, menyajikan Sandikala / Sanjikara, artinya masa transisi dalam bahasa Sansekerta dan bahasa Jepang.

Sajian kolaborasi seniman tiga negara ini berdurasi 40 menit, diharapkan pesannya tersampaikan mengenai keresahaan penggunaan gadget sebagai bentuk transisi alam maya dan alam nyata. [hen]

Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00