Lamban Tanggapi Laporan Karyawan, DPRD Demak : Dinas Tidak Becus Bekerja

Daerah  KAMIS, 11 JULI 2019 , 18:01:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Lamban Tanggapi Laporan Karyawan, DPRD Demak : Dinas Tidak Becus Bekerja
RMOLJateng. Wakil Ketua DPRD Demak, Fakhrudin Bisri Slamet, menyayangkan lambannya Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak, dalam menindaklanjuti laporan karyawan PT Indoplas sejak bulan Juni 2019 lalu.

Bahkan, beberapa anggota Dinakerin mengaku tidak mengetahui risalah atau laporan yang diajukan beberapa karyawan PT Indoplas.

"Kalau Dinas tidak merespon laporan pekerja, itu artinya Dinas tidak becus dalam bekerja. Biar kami buat rekomendasi untuk Bupati agar mengganti petugas yang memang tidak bisa bekerja," ujar Slamet saat memimpin audiensi karyawan dan pihak terkait, Kamis (11/7) siang.

Karyawan PT Indoplas melaporkan kepada Dinakerin Kabupaten Demak pada Juni lalu terkait tidak dibayarnya THR dan Gaji 250 Karyawan.

Melalui risalah yang diajukan ke pihak dinas, karyawan berharap adanya respon untuk memfasilitasi antara karyawan dan pihak perusahaan.

Kami mengajukan risalah H-4 lebaran lalu melalui perwakilan karyawan PT Indoplas. Waktu itu juga diterima oleh Bu Endang dan beberapa petugas dinas,” ujar Kuasa Hukum PT Indoplas, Nanang Setiono.

Ironisnya, pernyataan karyawan tersebut, kurang ditanggapi pihak dinas yang terkesan mengelak menerima risalah dari karyawan.

Mediator Dinakerin Kabupaten Demak, Endang, mengatakan, pihaknya telah melaporkan ke kepala dinas, namun belum ada jawaban.

Kita sebenarnya sudah menanggapi dan menunggu jawaban dari kepala dinas. Berhubung kami (dinakerin) tidak memiliki pengawas di kabupaten, jadi kami berkoordinasi dengan pengawas provinsi,” ujar Endang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Demak, Fakhrudin Bisri Slamet, menyayangkan kinerja Dinakerin Kabupaten Demak yang terkesan lamban.

Pasalnya, sejak laporan tersebut masuk pada bulan Juni lalu, seharusnya pihak dinas sudah memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan ini.

Kami harap kedepan, Dinakerin dapat bekerja cepat dan maksimal saat menerima laporan atau kasus semacam ini. Jadi para karyawan tidak terbebani dengan pengurusan pelanggaran yang dilakukan perusahaan,” pungkas Slamet. [jie]






Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00