Ratusan Pekerja PT Indoplas Mengadu DPRD Demak

Peristiwa  KAMIS, 11 JULI 2019 , 15:10:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Ratusan Pekerja PT Indoplas Mengadu DPRD Demak
RMOLJateng. Ratusan buruh PT Indoplas, mengadu ke DPRD Demak, Kamis (11/7) siang. Ditemui langsung Wakil Ketua DPRD, Fakhrudin Slamet Bisri, para buruh berharap agar perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan plastik tersebut segera membayar hak para buruh.

"Kami ingin mengadu kepada pemerintah, dalam hal ini DPRD Demak untuk membantu kami mendapatkan hak hak kami. Sejak bulan Mei lalu hingga sekarang, gaji dan THR tidak diberikan oleh perusahaan, dan bahkan, seluruh pintu pabrik digembok oleh managemen," ujar perwakilan buruh PT Indoplas, Nanang Setyono.

Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah, Heri Suwanto, mengatakan, pihaknya telah memberikan nota pemeriksaan untuk melakukan pemeriksaan pelanggaran yang ditudingkan para buruh.

"Dari pemeriksaan sementara memang ditemukan pelanggaran. Sanksi terkait THR dan Gaji administratrif tidak mendapatkan ijin hingga pemberhentian usaha. Namun yang jadi persoalan perusahaan telah menutup sendiri usahanya, jadi sanksi administratif ini tidak efektif," ujar Heri.
Sebelumnya, sebanyak 220 buruh PT Indoplas yang berada di Desa Kuripan, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, mendatangi Mapolda Jawa Tengah untuk melaporkan pihak perusahaan dalam kasus penggelapan uang BPJS yang tidak dibayarkan perusahaan.

Dari kasus ini, para buruh menuntut perusahaan membayar gaji dari bulan Mei, BPJS dan Jaminan Hari Tua dengan nominal mencapai 1,3 milyar rupiah.

Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00