95 Ruas Jalan Di Kendal Siap Mulus

Pemerintahan  KAMIS, 11 JULI 2019 , 11:50:00 WIB | LAPORAN: RENDRAS CAVA

95 Ruas Jalan Di Kendal Siap Mulus
RMOLJateng. Perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Kendal terus dikebut dan bahkan proyek perbaikan jalan tersebut akan dikerjakan mulai bulan Juli tahun ini. 

Perbaikan jalan itu baru dapat dikerjakan pada bulan ini karena semua berkas proyek yang hendak dilelang harus disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pupr Nomor 07/Prt/M/2019 Tentang Standar Dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia.

Permen PUPR itu baru keluar pada bulan Maret 2019.
Saat ini, sebagian besar proyek perbaikan jalan itu masih dalam proses pelelangan di Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kendal.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiono, mengatakan bahwa pada tahun 2019 ini Pemkab Kendal akan melaksanakan perbaikan jalan sebanyak 95 ruas jalan.

"Perbaikan jalan yang menggunakan dana APBD ada 83 ruas, dari Banprov (Bantuan Provinsi) ada 4 ruas, dari DAK ada 2 ruas dan dari DBHCHT ada 6 ruas," katanya, Selasa(9/7).
Sugiono mengatakan salah satu ruas jalan yang akan diperbaiki dalam waktu dekat ini yakni ruas jalan Kaliwungu-Boja.
Perbaikan jalan itu memakan anggaran sebesar 18 Miliar yang bersumber dari DAK dan Banprov. Nantinya ruas jalan itu akan terbuat dari beton dan sebagian menggunakan aspal.

"Lelangnya sudah dilaksanakan, minggu depan sudah mulai pengerjaannya. Tahun ini dari Pasar Gladak sampai Boja jalan sudah mulus dan yang seberang pasar Gladak akan dilebarkan 10meter," tambahnya.

Kabupaten Kendal memiliki 256 ruas jalan dan dari total ruas itu, saat ini terdapat 80 ruas yang dalam kondisi layak, namun sisanya mengalami rusak ringan dan rusak berat.

Menurutnya, 95 ruas yang akan diperbaiki membuat semakin banyak ruas jalan di Kabupaten Kendal dalam kondisi mantap.
"Kerusakan jalan itu dapat terjadi karena beberapa faktor. Jika kerusakaan pada lapisan atas itu dikarenakan usia pemakaian, sedangkan sampai amblas itu dikarenakan kelebihan muatan dari kendaraan yang melintas. Pada ruas jalan Kaliwungu Boja ini jika diamati kerusakan jalan dikarenakan kelebihan muatan karena banyak jalan yang sampai amblas," pungkasnya. 

Dari 95 ruas jalan yang akan diperbaiki berada di tujuh kecamatan yakni kecamatan Boja,  Singorojo,  Limbangan,  Pageruyung,  Sukorejo,  Plantungan,  Patean dan Ringinarum.[dit]


Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00