Benarkah Pendidikan Finlandia Merupakan Yang Terbaik Di Dunia?

Opini  SABTU, 06 JULI 2019 , 17:51:00 WIB

Benarkah Pendidikan Finlandia Merupakan Yang Terbaik Di Dunia?
Menurut Edgar Dalle pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Setiap negara pasti menginginkan yang terbaik bagi masyarakatnya, terlebih lagi soal pendidikan. Mereka akan mengupayakan segala cara agar rakyatnya medapatkan pelayanan pendidikan yang terbaik guna meningkatkan kualitas diri masing-masing individu di masa mendatang. Kali ini penulis ingin membahas lebih mendalam mengenai pendidikan yang ada di negara Finlandia yang sering disebut sebagai salah satu pendidikan terbaik di dunia.

Finlandia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa bagian utara dengan segala keunikan dan kekhasan yang dimilki. Sistem pendidikan Finlandia dianggap sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Mengapa bisa demikian?, pasti terdapat beberapa faktor yang mendasari hal tersebut. Salah satu contoh yang dapat dijadikan bukti ialah fakta bahwa pendidikan di negeri ini secara rutin selalu menempati skor terbaik dalam survei penilaian siswa internasional (PISA) yang diselenggarakan tiga tahun sekali sejak tahun 2000.

Finlandia berada di peringkat ke-13 untuk skor matematika PISA, peringkat ke-4 literasi baca, dan peringkat ke-5 untuk sains. Padahal, sekolah di Finlandia memiliki hari sekolah yang lebih singkat jika dibandingkan dengan sekolah di negara lain dan mereka tidak melakukan ulangan atau ujian standar. Muncul pertanyaan dibenak kita, kok bisa? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Lagi-lagi kita dibuat penasaran oleh mereka.

Dilansir dari laporan Big Think yang dipublikasikan World Economic Forum (WEF), sistem pendidikan Finlandia dapat berfungsi dengan baik karena strukturnya ditopang oleh beberapa prinsip utama: Pertama dan terpenting adalah akses yang sama terhadap pendidikan dan siswa diberi kebebasan memilih jalur edukatif mereka berdasarkan minat dan bakat.

Jadi, ternyata Finlandia betul-betul membebaskan secara penuh terhadap siswanya untuk memilih/menentukan apa yang dibutuhkan oleh mereka sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Hal ini tentu saja akan menuntut siswa berkembang sesuai dengan potensinya yang pada akhirnya mereka dapat mengeluarkan kemampuan potensialnya secara maksimal. Sehingga akan membantu mempermudah dalam tercpainya sistem pendidikan yang diinginkan.

Setelah membahas mengenai siswanya, sekarang kita beralih ke pendidik/gurunya. Menurut laporan dari The Guardian, guru-guru di Finlandia harus melalui seleksi yang cukup ketat agar bisa terkualifikasi dengan baik. Guru di Finlandia bisa dipastikan adalah orang yang memiliki passion besar untuk mengajar. Gaji guru di Finlandia bisa dibilang tidak tinggi.

Diambil dari hasil penilaian OECD(Organisation for Economy Cooperation and Development) mengenai gaji guru di Finlandia termasuk kecil jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya seperti amerika bahkan tingkat gaji guru di Finlandia tidak masuk 10 besar. padahal secara pendapatan perkapita masyarakat bisa dibilang tinggi.

Passion mengajar yang tinggi ini sangat sulit untuk ditiru oleh negara lain. Untuk mendapatkan guru dengan hasil akademik yang baik dan passion tinggi dalam mengajar tentu butuh proses yang panjang. Gaji yang tinggi bagi guru dan dana yang berlimpah akan mampu menarik guru dengan kualifikasi baik namun tidak untuk passion mengajar.

Karena kebanyakan dari orang pasti lebih melihat atau memandang keuntungan material yang bisa didapatkan daripada kesungguhan mereka dalam mendidik siswa secara sukarela. Itulah sederet fakta menarik yang munkin dapat dijadikan alasan mengapa sistem pendidikan di Finlandia merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Apabila Indonesia dapat berkaca dari sistem Pendidikan yang ada di negara Finlandia terkait dengan penyediaan tenaga pendidik yang betul-betul professional dibidangnya, terlebih lagi mereka memiliki passion yang sangat tinggi terhadap pekerjaan yang mereka jalani, mungkin sistem Pendidikan di Indonesia bisa lebih baik dari pada sebelumnya.
   
Ilham Ramadhan

Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang



Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00