Tradisi Awur-Awur Warga Blora Saling Lempar Nasi

Budaya  JUM'AT, 05 JULI 2019 , 16:28:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Tradisi Awur-Awur Warga Blora Saling Lempar Nasi
RMOLJateng. Warga Desa Gedangdowo Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora menggelar tradisi awur-awur sedekah bumi Jumat (5/6).

Awur-awur merupakan tradisi berupa aksi lempar nasi antar warga desa yang digelar di sebuah lapangan makam desa setempat.

Ribuan warga desa hadir dalam tradisi ini. Sebelum kegiatan dimulai dua tumpeng berisi nasi yang dibungkus daun jati dipikul warga ke area pemakaman setempat.

Setelah diletakkan di area pemakaman, tumpeng langsung diserbu warga untuk saling dilemparkan.

Suasana bertambah meriah dengan banyaknya warga yang ikut tradisi awur-awur. Tak jarang banyak diantara mereka yang mengalami luka bahkan pingsan karena terkena lemparan.

Seru mas, ini satu-satunya yang ada. Di Desa lain tidak ada. Kalau kena memang sakit, tapi ini kan sudah tradisi, seru pokoknya,” kata salah satu warga bernama Ipan yang ikut aksi awur-awur.

Sementara itu, Kades Gedangdowo, Sutikno mengatakan, kegiatan ini rutin setiap tahun digelar warga. Meski terlibat aksi saling lempar, namun warga kembali rukun usai acara.

"Itulah hebatnya warga desa. Meski ada yang luka akibat kena lemparan, namun mereka tetap kembali rukun. Tidak pernah ada dendam,” ucap Sutikno.

Tradisi awur-awur merupakan bagian dari kegiatan sedekah bumi yang digelar warga Desa Gedangdowo.

Dalam kegiatan ini, warga berkumpul jadi satu di area makam Sentono untuk berdoa. Sebanyak 25 gunungan Tumpeng disajikan untuk dibagikan kepada warga.

"Kita rutin setiap tahun gelar. Pernah dulu tidak menggelar, hasil tanaman sawah warga berkurang. Makanya ini kita gelar lagi,” katanya. [hen]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00